Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menegakkan Moge dari Posisi Standar Samping

Kompas.com - 30/06/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat sepele menegakkan motor besar atau moge dari posisi standar samping bisa jadi sulit dilakukan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Moge punya bobot yang berat, kalau cuma mengandalkan kekuatan tangan perlu tenaga ekstra. Adapun kalau salah dan dipaksakan malah bisa keseleo.

Baca juga: Ganti Oli Transmisi Matik Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).KOMPAS.COM/DEWANTORO Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada trik mudah jika ingin menegakkan posisi moge yang sedang standar samping.

"Putar setang ke posisi kanan. Bodi motor kemudian bisa sambil kita dorong menggunakan paha atau bagian badan. Begitu motor sudah tegak kita tinggal naik," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan mengarahkan setang ke kanan terlebih dahulu maka motor akan lebih mudah ditegakkan, sebab saat akan ditegakkan beban motor sudah berpindah sebagian.

Baca juga: Franco Morbidelli Bakal Kembali Satu Tim dengan Quartararo

Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha NikenVisordown.com Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha Niken

Jusri mengatakan, dengan menutar setang ke kanan dan kemudian mendorong bodi motor pakai badan, sudah menghemat energi ketimbang baru menegakkan motor ketika sudah naik di atas jok.

"Ini akan menghemat energi sebab moge punya bobot yang berat, energi kita bisa cepat habis hanya untuk menegakkan motor Harley-Davidson yang beratnya bisa nyaris 500 kg," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com