Kompas.com - 30/06/2021, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat sepele menegakkan motor besar atau moge dari posisi standar samping bisa jadi sulit dilakukan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Moge punya bobot yang berat, kalau cuma mengandalkan kekuatan tangan perlu tenaga ekstra. Adapun kalau salah dan dipaksakan malah bisa keseleo.

Baca juga: Ganti Oli Transmisi Matik Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).KOMPAS.COM/DEWANTORO Dua sepeda motor Harley Davidson ini ditilang dan diamankan di Mapolrestabes Medan karena pengendaranya tak dapat menunjukkan dokumen yang sah. Keduanya ditilang saat melintas di simpang Jalan Jati, Medan pada Kamis (31/12/2020).

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada trik mudah jika ingin menegakkan posisi moge yang sedang standar samping.

"Putar setang ke posisi kanan. Bodi motor kemudian bisa sambil kita dorong menggunakan paha atau bagian badan. Begitu motor sudah tegak kita tinggal naik," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan mengarahkan setang ke kanan terlebih dahulu maka motor akan lebih mudah ditegakkan, sebab saat akan ditegakkan beban motor sudah berpindah sebagian.

Baca juga: Franco Morbidelli Bakal Kembali Satu Tim dengan Quartararo

Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha NikenVisordown.com Aprilia sedang kembangkan moge roda tiga, saingan Yamaha Niken

Jusri mengatakan, dengan menutar setang ke kanan dan kemudian mendorong bodi motor pakai badan, sudah menghemat energi ketimbang baru menegakkan motor ketika sudah naik di atas jok.

"Ini akan menghemat energi sebab moge punya bobot yang berat, energi kita bisa cepat habis hanya untuk menegakkan motor Harley-Davidson yang beratnya bisa nyaris 500 kg," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.