Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Baru Yamaha YZF-R7 Resmi Meluncur

Kompas.com - 19/05/2021, 07:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber visordown

 

LONDON, KOMPAS.com - Setelah dua kali merilis video penggoda atau teaser dan foto penampakannya bocor di dunia maya, Yamaha akhirnya resmi melansir sepeda motor baru Yamaha YZF-R7.

Motor baru ini merupakan taktik Yamaha menggairahkan segmen supersport untuk menggantikan R6. Tapi dengan mesin yang lebih ringkas serupa punya MT-07.

Baca juga: Viral Video Pengendara Motor Dicegat karena Balap Liar, Ini Sanksinya

Bicara desain tampilan R7 punya tampang yang agresif. Desainnya disebut terinsiprasi dari kakaknya YZF-R1 mulai dari lubang udara di depan hingga bentuk tangki dan jok.

Yamaha YZR-7Foto: Visordown Yamaha YZR-7

Di dalam lubang udara ada lampu utama LED model proyektor. Kemudian di samping kiri-kanannya ada lampu DRL LED yang membuat tampilannya jadi lebih tajam.

Meski basis motornya dari MT-07 tapi geometrinya tetap berbeda. Sudut garpu depan atau rake R7 lebih tegak yaitu 23,7 derajat sedangkan MT07 yaitu 24 derajat.

Jarak sumbu roda R7 yaitu 1.390 mm atau lebih pendek 5 mm lebih pendek dari MT-07. Distribusi bobot diklaim nyaris sama rata yaitu 51/49 dari depan ke belakang.

Suspensi depan R7 pakai upside down diameter 41 mm versi paling baru. Disebut lebih stabil saat kecepatan tinggi dan membuat stabilitas pengereman lebih maksimal.

Baca juga: Viral Video Pengendara Motor Dicegat karena Balap Liar, Ini Sanksinya

Yamaha YZR-7Foto: Yamaha Yamaha YZR-7

Suspensi belakang pakai suspensi yang dipasang secara horizontal. Adapun preload dan rebound bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Mengutip Visordown, rem depan besutan Brembo yang dipasang secara radial menggigit cakram 298 mm. Sedangkan rem belakang cakram 245 mm.

Yamaha juga turut merevisi posisi berkendara Yamaha R7. Setangnya underyoke dan posisi jok lebih rendah dari R6 atau R1.

Baca juga: Berikut Proses Klaim Asuransi Kecelakaan ke Jasa Raharja

Yamaha YZR-7Foto Visordown Yamaha YZR-7

Mesinnya CP2 generasi terbaru, Euro5 sama seperti yang dipakai pada MT-07. Mesin tersebut menghasilkan 72,3 tk pada 8.750 rpm dan torsi 50lb-ft pada 6.500 rpm.

Mesin ini menggunakan ECU baru, knalpot yang direvisi dengan pengaturan katalis baru, saluran masuk yang dioptimalkan, dan pengaturan injeksi bahan bakar baru.

Yamaha R7 juga mengadopsi kopling baru. Pabrikan mengklaim bahwa saat dioperasikan kopling A&S ini lebih ringan sekitar 33 persen dari kopling standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com