Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Fan Belt Mobil agar Tak Mudah Rusak

Kompas.com - 30/06/2021, 11:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fan belt merupakan bagian pada mobil yang berfungsi memutar berbagai komponen mesin. Fan belt memutar puli sejumlah komponen ketika mesin mulai dinyalakan, mulai dari alternator atau dinamo, water pump, hingga kompresor AC.

Melihat fungsi fan belt yang cukup penting tersebut, dapat dikatakan perangkat berbentuk sabuk yang terbuat dari karet tahan panas ini memegang peran yang vital agar mobil dapat bekerja.

Oleh karena itu, tentu saja fan belt harus dirawat secara berkala layaknya perawatan terhadap komponen mobil lainnya.

Perawatan dilakukan dengan tujuan utama agar fan belt selalu dalam kondisi prima dan memiliki usia pakai yang panjang.

Baca juga: Polda Metro Perluas Lokasi Pembatasan Mobilitas di Jadetabek

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa perawatan fan belt bisa dilakukan oleh pemilik mobil sendiri saat di rumah.

ilustrasi fan beltwikihow.com ilustrasi fan belt

“Perawatan bisa dilakukan dengan melumasi fan belt menggunakan dressing atau pelumas yang khusus buat fan belt,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia pun mengatakan bahwa pengecekan kondisi fan belt juga perlu dilakukan. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan rutin tiap mobil sudah menembuh jarak 10.000 kilometer.

Baca juga: Beli Baru Harus Inden, Simak Daftar Harga Fortuner Bekas

Didi mengatakan, dengan perawatan yang dilakukan rutin, usia pakai fan belt juga akan bisa lebih awet. Ia mengungkapkan bahwa masa pakai fan belt yang dirawat rutin bisa mencapai 100.000 kilometer.

Selain itu, disarankan pula untuk menjaga fan belt dari kontak dengan air dan benda-benda kecil yang mudah terselip, seperti kerikil dan gumpalan tanah. Sebab, air dan kotoran tersebut bisa mengganggu kestabilan kerja fan belt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com