Parkir Seharian Pakai Rem Tangan, Apakah Justru Merusak

Kompas.com - 26/06/2021, 10:22 WIB
Penyebab utama tali rem tangan putus Stanly/OtomaniaPenyebab utama tali rem tangan putus

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik kendaraan mempunyai kebiasaan tersendiri pada saat parkir mobil. Salah satu contohnya, ketika parkir seharian atau dalam waktu relatif lama, baik di rumah atau lokasi lain.

Ada yang masih menggunakan balok atau ganjal saat parkir mobil untuk menahan laju kendaraan. Pun, ada juga yang menggunakan rem tangan alias handbrake. Apapunn caranya, setiap pemilik memiliki alasannya masing-masing.

Baca juga: Bukan karena Rossi, ini Alasan Ducati Mau Gandeng Tim VR46 di MotoGP

Namun, ada yang mengatakan bahwa parkir mobil seharian pakai rem tangah dapat merusak sistem pengereman pada kendaraan. Apakah benar?

Pengunaan rem tanganStanly/Otomania Pengunaan rem tangan

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, parkir mobil dalam waktu lama dan menggunakan handbrake sebenarnya tidak ada masalah, bahkan disarankan untuk keamanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya tidak ada masalah ya, kan itu sudah di desain khusus untuk menahan beban kendaraan dalam waktu yang lama," kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Ini Tarif Terbaru Bus Damri Trayek Jabodetabek-Bandar Lampung

Didi menjelaskan meskipun ada masalah itu hanya sedikit saja, itu pun kalau dibawa jalan atau dikendarai akan normal kembali. Hal itu karena masalah karat yang menempel pada komponen rem yang terjadi ketika mobil habis dicuci kemudian diparkirkan dengan menarik rem tangan.

Karena masih ada sisa air di sela-sela rem atau di bagian komponen rem, maka kampas akan sedikit lengket dengan rem akibat karat tadi. Akibatnya laju kendaraan akan sedikit terhambat pada awalnya.

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

"Biasanya itu karena habis di cuci masuk ke celah-celah gram brake atau disk brake. Kan memang itu bahannya mudah berkarat ya, karena ada karat ya nempel biasanya. Kadang ketika kita sudah melepas handbrake mobil masih tertahan," ucap Didi.

Baca juga: SUV Bekas di Bawah Rp 70 Juta di Bandung, Dapat Jimny sampai CR-V

Namun, hal tersebut bukanlah hal yang terlalu membahayakan. Jika terjadi seperti itu, Didi menyarankan untuk dibawa jalan atau dikendarai, nanti lama kelamaan akan lancar sendiri.

Sebaiknya jika handbrake pada mobil sudah terlalu jauh tarikannya, diharapkan untuk penyetelan ulang agar daya cengkram juga lebih kuat untuk menahan beban mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.