Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Maksa, Pahami Ukuran Garasi untuk 2 Mobil yang Pas

Kompas.com - 25/06/2021, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat penyimpanan kendaraan yang menyatu dengan bangunan rumah dan tertutup atau garasi merupakan salah satu area yang harus dimiliki oleh pemilik ataupun calon pemilik mobil.

Pasalnya, memarkirkan mobil di garasi jauh lebih aman dan mampu memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan di jalan terbuka alias umum. Cat eksterior pun tak cepat menguning, khusus mobil berkelir putih.

"Garasi sendiri memakan lahan yang cukup besar, apalagi bila kita berbicara untuk dua mobil. Maka, dibutuhkan lahan lebih besar lagi," ujar Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Ini Pentingnya Pelat Kecil pada Kunci Mobil Baru

Ilustrasi garasi mobil.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi garasi mobil.

Meski demikian, jangan merasa bingung karena sebenarnya ada penjelasan dan perhitungan garasi yang cocok untuk dua mobil. Sehingga, bagi Anda yang berencana menambah mobil, janganlah abai untuk melakukan pengukuran lagi.

Imansyah menjelaskan, biasanya garasi dua mobil yang ideal punya panjang dan lebar sekitar 6-6,5 meter. Kemudian, jangan lupa untuk memastikan jarak antar mobil.

"Idealnya, jarak antar mobil dalam satu garasi yang sama sekitar 80 cm. Dengan kondisi ukuran seperti ini, ketika pintu mobil satunya terbuka, tidak akan mengenai pintu mobil sebelahnya," kata dia.

Sebaiknya, Anda jangan lupa juga untuk membangun garasi sesuai dengan dimensi mobil. Untuk ukuran mobil seperti Toyota New Yaris, yaitu panjang 4,145 meter, lebar 1,730 meter, tinggi 1,500 meter, maka ukuran di atas sangatlah cocok.

Baca juga: Apakah Bisa Kunci Immobilizer Diduplikasi?

Peringatan agar pemilik mobil mempersiapkan garasi untuk mobilnyaScreenshot Instagram @newdramaojol Peringatan agar pemilik mobil mempersiapkan garasi untuk mobilnya

Apalagi dengan sisa ruang yang ada, calon pemilik dapat menaruh berbagai barang lainnya di dalam garasi. Jadi garasi mobil semakin fungsional lagi.

"Agar garasi lebih menarik, bisa gunakan lantai yang memiliki pori-pori kecil. Kemudian, pilih permukaan keramik dengan tekstur cukup kasar," kata Imansyah.

"Alasan utamanya adalah menghindari lantai yang terlalu licin ketika terkena air. Mobil jadi lebih mudah masuk ke dalam garasi walau kondisi keramik atau ban sedang basah," lanjutnya.

Jangan lupa juga perhatikan ventilasi udara di garasi agar kondisi mobil tetap baik, khususnya saat diparkir dalam jangka waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com