Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parkir Seharian Pakai Rem Tangan, Apakah Justru Merusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik kendaraan mempunyai kebiasaan tersendiri pada saat parkir mobil. Salah satu contohnya, ketika parkir seharian atau dalam waktu relatif lama, baik di rumah atau lokasi lain.

Ada yang masih menggunakan balok atau ganjal saat parkir mobil untuk menahan laju kendaraan. Pun, ada juga yang menggunakan rem tangan alias handbrake. Apapunn caranya, setiap pemilik memiliki alasannya masing-masing.

Namun, ada yang mengatakan bahwa parkir mobil seharian pakai rem tangah dapat merusak sistem pengereman pada kendaraan. Apakah benar?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, parkir mobil dalam waktu lama dan menggunakan handbrake sebenarnya tidak ada masalah, bahkan disarankan untuk keamanan.

"Sebenarnya tidak ada masalah ya, kan itu sudah di desain khusus untuk menahan beban kendaraan dalam waktu yang lama," kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Didi menjelaskan meskipun ada masalah itu hanya sedikit saja, itu pun kalau dibawa jalan atau dikendarai akan normal kembali. Hal itu karena masalah karat yang menempel pada komponen rem yang terjadi ketika mobil habis dicuci kemudian diparkirkan dengan menarik rem tangan.

Karena masih ada sisa air di sela-sela rem atau di bagian komponen rem, maka kampas akan sedikit lengket dengan rem akibat karat tadi. Akibatnya laju kendaraan akan sedikit terhambat pada awalnya.

"Biasanya itu karena habis di cuci masuk ke celah-celah gram brake atau disk brake. Kan memang itu bahannya mudah berkarat ya, karena ada karat ya nempel biasanya. Kadang ketika kita sudah melepas handbrake mobil masih tertahan," ucap Didi.

Namun, hal tersebut bukanlah hal yang terlalu membahayakan. Jika terjadi seperti itu, Didi menyarankan untuk dibawa jalan atau dikendarai, nanti lama kelamaan akan lancar sendiri.

Sebaiknya jika handbrake pada mobil sudah terlalu jauh tarikannya, diharapkan untuk penyetelan ulang agar daya cengkram juga lebih kuat untuk menahan beban mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/26/102200815/parkir-seharian-pakai-rem-tangan-apakah-justru-merusak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke