Apakah Ban Mobil Jenis Run Flat Tires Bisa Ditambal?

Kompas.com - 25/06/2021, 17:12 WIB
Ban tipe run flat tyre. Mercedes-BenzBan tipe run flat tyre.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, teknologi yang digunakan pada ban juga semakin berkembang. Saat ini sudah ada ban yang dikenal dengan sebutan Run Flat Tires (RFT) yang memiliki beberapa keunggulan.

Run flat tires merupakan teknologi pada ban mobil yang jika ban terkena paku atau benda tajam, ban tersebut masih dapat digunakan untuk berjalan dengan aman dengan kecepatan dan jarak tertentu.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Denda Pajak Kendaraan di Jawa Barat

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, Run flat tires di desain khusus dengan sidewall yang lebih tebal sehingga masih mampu digunakan berjalan meskipun angin pada ban sudah tidak ada lagi.

tambal ban tubelessKompas.com/Fathan Radityasani tambal ban tubeless

"Kalau ban biasa itu kena paku kan langsung kempis ya, kalau RFT ini jika terkena paku masih bisa jalan dengan jarak dan kecepatan tertentu," kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Sedan Bekas Rp 50 Jutaan di Bandung

Kelebihan ban RFT yakni masih dapat digunakan dalam keadaan tekanan angin 0 dan masih dapat digunakan untuk berjalan dengan kecepatan 80 km/jam dengan jarak sampai dengan 80 kilometer bahkan lebih.

Berbeda dengan RFT pada zaman dahulu, Zupata mengatakan untuk ban RFT saat ini bisa dilakukan perbaikan jika terkena paku atau bocor.

Dahulu ban RFT yang sudah bocor dan masih digunakan akan terjadi kerusakan pada dinding ban sehingga harus diganti baru ketika terjadi kerusakan.

ban bocor karena kempisKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda ban bocor karena kempis

"Untuk saat ini yang generasi ke-4 sudah bisa diperbaiki, asalkan sisi samping ban belum mengalami kerusakan yang terlalu parah. Kalau sekarang kebanyakan di sidewall sudah memakai teknologi yang namanya cooling fin yang mencegah kerusakan di sisi samping ban," kata Zulpata.

Baca juga: Fitur Canggih Ini Jarang Dipakai Pengemudi Mobil

Untuk cara penambalan ban RFT hampir sama dengan ban tubeless pada umumnya. Gunakan tambal ban payung yang dari dalam agar tambalan lebih maksimal. JIka kebocoran terjadi pada sidewall, harus pakai tambalan yang agak tebal, karena RFT sidewallnya tebal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.