Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Kompas.com - 24/06/2021, 19:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menjaga performa mobil sepanjang perjalanan, memastikan kebersihan ruang mesin menjadi salah satu upayanya. Tak sampai disana, langkah terkait juga bisa memperpanjang usia pakai.

Sebab, sebagaimana dikatakan Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, di ruang tersebut terdapat banyak komponen mekanik dan kelistrikan.

"Tetapi jangan pernah asal-asalan dalam membersihkan ruang mesin mobil. Supaya mendapat hasil optimal, manfaatkan layanan car detailing atau perhatikan beberapa langkah untuk mencuci sendiri," ujarnya, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Fitur Canggih Ini Jarang Dipakai Pengemudi Mobil

Ruang mesin Toyota HarrierPAULTAN.org Ruang mesin Toyota Harrier

Bila Anda memutuskan untuk membersihkan ruang mesin sendiri di rumah, beberapa cara yang benar dan tepat agar proses dan hasil yang diperoleh maksimal.

Pertama, jaga kondisi mesin tetap hangat dengan cara diamkan mobil selama 5-10 menit setelah digunakan. Supaya, membuat air yang membilas mesin lebih cepat menguap.

Kemudian, lindungi komponen kelistrikan dan sensor elektrik sebelum proses pencucian. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan plastik atau alumunium foil.

"Untuk mobil keluaran baru, sebenarnya sudah ada perlindungan khusus untuk komponen anti air. Namun jika merasa kurang yakin, lakukan saja pelapisan tersebut," kata Imansyah.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem Mobil

Poles mobilAutodetailing Poles mobil

Langkah selanjutnya, persiapkan beberapa peralatan wajib untuk digunakan seperti, selang untuk cuci mobil, ember, sikat, lap kain biasa. lap microfiber, cairan pembersih mesin mobil/engine degreaser, serta sabun cuci mobil.

"Pemilik bisa mulai proses pembersihan dengan melihat noda-noda membandel di bagian permukaan mesin dan bawah kap. Bersihkan sisa oli, kerak, dan debu yang menempel di sana," ujar Imansyah.

"Kotoran yang sulit luntur dapat dibersihkan dengan engine degreaser. Jika sudah dibersihkan, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bertekanan rendah," lanjut dia.

Bila sudah, bilas dan keringkan seluruh bagian yang sudah dicuci dengan menggunakan lap kapin bersih. Jika masih ada sisa air yang tertinggal, maka dapat menimbulkan noda kerak dan water spot yang susah untuk dibersihkan.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Fitur Cruise Control

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Lepaskan juga plastik atau aluminium foil yang digunakan untuk melindungi beberapa komponen kelistrikan dan sensor elektronik.

"Biarkan kap mesin mobil tetap terbuka agar memberikan udara segar pada dapur pacu. Setelah itu, panaskan mobil agar dapat mengeringkan sisa partikel air yang masih mengendap pada bagian sulit dijangkau," ujar Imansyah.

Memanaskan mesin mobil juga berguna untuk memastikan komponen mesin bekerja optimal seperti biasa setelah dilakukan proses pembersihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com