Bus Tingkat Pertama dari Setiap Karoseri di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2021, 16:21 WIB
Bus AKAP blogspotBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.comBus tingkat atau double decker di Indonesia memang sudah banyak peredarannya di Indonesia. Hampir di semua pulau di Indonesia, ada PO bus yang menggunakan bus tingkat untuk armadanya.

Selain itu, tercatat juga sudah ada enam karoseri di Indonesia yang saat ini masih membuat bus tingkat. Keenam karoseri tersebut yaitu Adiputro, Laksana, Tentrem, New Armada, Morodadi Prima, Nusantara Gemilang.

Sebenarnya ada satu karoseri yang saat ini sudah tidak memproduksi bus tingkat, yaitu Rahayu Santosa. Lantas tipe apa saja dari masing-masing karoseri yang pertama kali beroperasi di Indonesia dan digunakan oleh siapa?

Baca juga: Janji Rossi di MotoGP Belanda

Sleeper bus sempati starphinemo.com Sleeper bus sempati star

Pertama ada karoseri Adiputro yang memperkenalkan Jetbus 2+ Super Double Decker saat GIIAS 2015. Pada saat pameran tersebut, PO Semati Star asal Aceh langsung memboyongnya dan digunakan untuk trayek AKAP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya ada karoseri Rahayu Santosa dengan bodi Jetliner Double Decker yang lahir pada tahun 2016. Bus ini dimiliki PO Paradep Trans di Medan untuk melayani angkutan AKDP.

Beralih ke tahun 2018, mulai banyak karoseri dan PO lain yang menambah armada bus tingkat. Misalnya karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 Double Decker yang kemudian dibeli oleh PO Borlindo di Sulawesi.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Hyundai Kona Electric Sampai 5 Tahun

Bus AKAPmobilkomersial.com Bus AKAP

Masih di tahun 2018, karoseri New Armada juga memperkenalkan bus tingkatnya. Bodi bus ini diberi nama Aerodeck dan dibeli oleh PO Primadona pada tahun 2018 dan 2019.

Begitu juga dengan karoseri Nusantara Gemilang yang membuat bodi Conqueror untuk ulang tahun PO Nusantara yang ke-50 pada tahun 2018. Bus ini bisa dibilang langka karena menggunakan sasis MAN yang jumlahnya tidak banyak dioperasikan untuk bus AKAP.

Double decker tentreminstagram/karoseritentrem Double decker tentrem

Berikutnya, ada bus yang baru diperkenalkan pada GIIAS 2019, yakni Avante D2 buatan karoseri Tentrem. Bus dengan gaya eropa ini langsung dibeli dan hanya digunakan oelh PO Harapan Jaya.

Terakhir ada karoseri Morodadi Prima dengan body Grand Tourismo Double Decker yang lahir tahun 2019. Baru ada satu unit bus ini dan digunakan oleh PO Safari Dharma Raya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X