Pakai Dual Mode CVT, Bagaimana Perawatan Daihatsu Rocky Matik?

Kompas.com - 23/06/2021, 15:41 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS
|

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky yang telah meluncur mengusung transmisi otomatis CVT. Rocky sekaligus menjadi mobil Daihatsu pertama yang mengusung transmisi jenis ini di Indonesia.

Berbeda dengan transmisi CVT biasa, Rocky dibekali teknologi Dual Mode yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, keunggulan ini meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik dan lebih hening.

Baca juga: Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan sehingga tetap responsif, baik saat dipacu dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

“Saat mobil berjalan lambat di perkotaan, transmisi akan menggunakan belt CVT untuk menggerakkan mobil. Tapi ketika kencang, split gear akan bermain mulai kecepatan 60 kpj,” ucap Supriyadi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sehingga gejala power loss pada transmisi CVT konvensional tidak ditemukan pada Rocky. Di kecepatan tinggi mobil tetap nyaman, minim noise, serta tetap efisien,” kata dia.

Baca juga: Selain Jakarta, Bandung Juga Terapkan Pembatasan Mobilitas di 30 Titik

Daihatsu Rocky di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky di Indonesia

Dengan segala kelebihan ini, transmisi Dual Mode CVT milik Rocky diklaim tetap minim perawatan dan punya masa pakai yang terbilang lama.

“Perawatan engga ada yang beda, sama dengan transmisi CVT biasa. Setiap 80.000 km ganti oli transmisi, itu saja,” ucap Supriyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.