Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Dual Mode CVT, Bagaimana Perawatan Daihatsu Rocky Matik?

Kompas.com - 23/06/2021, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky yang telah meluncur mengusung transmisi otomatis CVT. Rocky sekaligus menjadi mobil Daihatsu pertama yang mengusung transmisi jenis ini di Indonesia.

Berbeda dengan transmisi CVT biasa, Rocky dibekali teknologi Dual Mode yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, keunggulan ini meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik dan lebih hening.

Baca juga: Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan sehingga tetap responsif, baik saat dipacu dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

“Saat mobil berjalan lambat di perkotaan, transmisi akan menggunakan belt CVT untuk menggerakkan mobil. Tapi ketika kencang, split gear akan bermain mulai kecepatan 60 kpj,” ucap Supriyadi, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Sehingga gejala power loss pada transmisi CVT konvensional tidak ditemukan pada Rocky. Di kecepatan tinggi mobil tetap nyaman, minim noise, serta tetap efisien,” kata dia.

Baca juga: Selain Jakarta, Bandung Juga Terapkan Pembatasan Mobilitas di 30 Titik

Daihatsu Rocky di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky di Indonesia

Dengan segala kelebihan ini, transmisi Dual Mode CVT milik Rocky diklaim tetap minim perawatan dan punya masa pakai yang terbilang lama.

“Perawatan engga ada yang beda, sama dengan transmisi CVT biasa. Setiap 80.000 km ganti oli transmisi, itu saja,” ucap Supriyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com