Selain Jakarta, Bandung Juga Terapkan Pembatasan Mobilitas di 30 Titik

Kompas.com - 22/06/2021, 18:21 WIB
Polisi tengah menutup jalan Asia Afrika untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran covid di Kota Bandung. Penutupan bakal dilakukan selama dua pekan. KOMPAS.COM/AGIE PERMADIPolisi tengah menutup jalan Asia Afrika untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran covid di Kota Bandung. Penutupan bakal dilakukan selama dua pekan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai Senin (21/6/2021), Polda Metro Jaya melaksanakan aturan pembatasan mobilitas di DKI Jakarta untuk menekan kasus positif Covid-19 yang meningkat signifikan usai momentum libur Lebaran.

Selain Jakarta, Polrestabes Bandung rupanya juga melakukan buka tutup jalan di beberapa titik di kota Bandung.

Dilansir dari Instagram TMC Polrestabes Bandung pada Selasa (22/6/2021), penutupan jalan sudah berlaku sejak Jumat lalu (18/6/2021).

Baca juga: Kecelakaan Parah di Tol Solo-Semarang, Ingat Lagi Soal Blind Spot

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Penutupan jalan dilakukan setiap hari mulai jam 18.00 sampai 05.00 WIB di kawasan ring 1, 2, dan 3.

Sementara pada Jumat, Sabtu, dan Minggu, penutupan juga dilakukan siang hari di ring 1 dan 2, pada pukul 14.00 sampai 16.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Polisi Resort Kota Besar Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya, mengatakan, penutupan di sejumlah lokasi dilakukan pada jalan-jalan yang berpotensi menjadi titik keramaian masyarakat.

Baca juga: Perbedaan Mobil Transmisi Matik dan Manual Saat Melintasi Jalan Menurun

Bus Trans Metro Bandung (TMB) melintas di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (29/8/2017). TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN Bus Trans Metro Bandung (TMB) melintas di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (29/8/2017).

“Oleh karena itu kami membuat (buka tutup jalan) ada tiga ring, ring 1 itu pusat kota, ring 2 lingkar selatan dan ring 3 adalah perbatasan kota,” ujar Ulung.

“Kami tidak melakukan penyekatan di luar, percuma kalau dari luar ditutup tapi di Bandung ramai. Makanya kami lakukan pengetatan di dalam Bandung sendiri,” kata dia.

Menurutnya, hanya orang-orang yang berdomisili di sekitar lokasi penutupan dan memiliki keperluan mendesak yang dipebolehkan melintas.

Adapun bagi masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak atau dengan tujuan berlibur, secara otomatis akan diputarbalik dan dialihkan ke jalan lainnya.

Baca juga: Jadi Barang Langka, Kijang Innova Diesel Bekas Masih Rp 200 Jutaan

Alun-alun baru Kota Bandung.KOMPAS.com/Putra Prima Perdana Alun-alun baru Kota Bandung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.