Kompas.com - 22/06/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Melonjaknya kasus positif Covid-19 secara drastis, membuat Pemerintah memutuskan melakukan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Tanah Air dari 22 Juni sampai 5 Juli 2021.

Bahkan mulai Senin (21/6/2021), Polda Metro Jaya juga melaksanakan pembatasan mobilitas yang berlaku di 10 ruas jalan di Jakarta.

Meski begitu, Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo, memastikan layanan perpanjang dan buat baru SIM tetap buka selama PPKM berlaku.

Baca juga: Perbedaan Mobil Transmisi Matik dan Manual Saat Melintasi Jalan Menurun

Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)

“Enggak ada pengaruhnya PPKM diperpanjang, (layanan SIM) kan cuma sampai jam 3,” ujar Jati, kepada Kompas.com (21/6/2021).

Pemohon SIM biasanya dari pagi jam 8, jam 12 juga sudah sepi. Jadi tetap buka, belum ada pembatasan,” kata dia.

Menurutnya, jumlah pemohon SIM per harinya juga tidak dibatasi. Namun, Satpas SIM, gerai SIM, atau SIM keliling tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Baca juga: Gesits Cerita Pengalaman Dipakai Driver Ojol Tiga Bulan

Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.Istimewa Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Belum ada pembatasan, selama kapasitas cukup, tidak membeludak, jumlah pemohon tidak dibatasi. Tapi tiap Satpas punya inovasi untuk melakukan protokol kesehatan,” kata Djati.

Djati menambahkan, untuk mempermudah pelayanan SIM, saat ini kepolisian telah memiliki aplikasi Digital Korlantas Polri.

Aplikasi ini berguna untuk memperpanjang masa berlaku SIM A dan C. Melalui aplikasi ini, proses perpanjangan SIM bisa dilakukan di mana saja secara cepat dan tidak menimbulkan kerumunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.