Kompas.com - 16/06/2021, 08:42 WIB
Valentino Rossi saat sesi tes pra-musim di Qatar Gareth HarfordValentino Rossi saat sesi tes pra-musim di Qatar

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, ramai soal kasus baju balap yang digunakan oleh Fabio Quartararo. Saat itu, ritsleting baju balapnya turun saat sedang balapan.

Kasus tersebut cukup menarik, karena belum pernah terjadi sebelumnya. Baju balapnya terbuka dan membuat pelindung dadanya terlepas.

Quartararo pun dikenai hukuman, karena melanggar Artikel 2.4.5.2, yakni balapan dengan baju balap yang tidak dipakai dengan sempurna.

Baca juga: Jadwal MotoGP Jerman 2021, Persaingan Makin Ketat

Alpinestars mengatakan, tidak ada kerusakan atau malfungsi pada baju balap Quartararo. Sedangkan dari pihak Quartararo mengatakan, baju balap sudah dikenakan dengan benar.

Baju balap merupakan salah satu perlengkapan pebalap yang paling vital. Ada enam produsen baju balap yang digunakan oleh 22 pebalap MotoGP.

Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).MOTOGP Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keenam produsen baju balap tersebut, antara lain Alpinestars, Dainese, Furygan, Revit, Bering, dan Ixon. Paling banyak digunakan adalah Alpinestars dan Dainese.

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (15/6/2021), Alpinestars digunakan oleh delapan pebalap. Alpinestars didirikan oleh Sante Mazzarolo pada 1963 di Asolo, Italia.

Selain Quartararo, masih ada Marc Marquez (Repsol Honda), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Alex Rins (Suzuki Ecstar), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Racing), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP), dan Dani Pedrosa (test rider KTM).

Baca juga: MotoGP Malaysia Terancam Batal karena Pandemi

Dainese pun digunakan oleh delapan pebalap MotoGP. Dainese didirikan sejak 1972 oleh Lino Dainese dan sekarang bermarkas di Vicenza, Italia.

Salah satu pengguna setianya adalah Valentino Rossi. Kabarnya, juara dunia MotoGP tujuh kali itu dibayar oleh Dainese 1,7 juta euro per tahun.

Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit JerezDok. @hrc_motogp Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit Jerez

Selain Rossi, ada tujuh pebalap lainnya yang menggunakan Dainese, antara lain Stefan Bradl (test rider Honda), Joan Mir (Suzuki Ecstar), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha Sepang Racing Team), Luca Marini (Sky VR46 Avintia), Pol Espargaro (Repsol Honda), Jack Miller (Ducati Lenovo), dan Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini).

Hanya empat pebalap yang tidak menggunakan kedua merek tersebut. Johann Zarco (Pramac Racing) menggunakan Furygan, produsen baju balap asal Prancis. Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) memilih Revit. Sementara rekan setimnya, Iker Lecuona, menggunakan Bering.

Ixon, merek baju balap yang juga berasal dari Prancis, digunakan oleh Brad Binder dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini).



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X