Ingat Lagi Bahaya Menyetir Mobil Tanpa Alas Kaki

Kompas.com - 16/06/2021, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengendarai suatu mobil diperlukan posisi yang nyaman dan aman agar tidak terjadi sesuatu tidak diinginkan. Terlebih jika Anda hendak melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Kini, terdapat berbagai cara yang bisa dipilih untuk mencapai aspek tersebut. Salah satunya ialah berkendara tanpa menggunakan alas kaki apapun.

Kebanyakan pengemudi beralasan, hal tersebut karena dirasa lebih nyaman dan feeling untuk menekan pedal serta rem lebih presisi. Padahal dari segi keamanan, perilaku ini tidak disarankan.

Baca juga: Kilas Balik Dominasi Marquez di Sachsenring, Mungkinkah Terulang?

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, bila berkendara yang sesuai standar keselamatan haruslah menggunakan alas kaki.

"Jenisnya macam-macam, tapi disarankan yang simpel atau memiliki permukaan yang rata. Hanya saja bukan sendal jepit ya, karena saat mengemudi kaki perlu

Menurut Marcell, bila grip pada pedal gas atau rem tidak baik, maka dikhawatirkan bisa menyebabkan slip.

Kondisi tersebut berbahaya, apalagi ketika slip-nya malah menekan gas lebih dalam yang justru membuat hal-hal tak diinginkan. Karena itu, ketika berkendara baiknya pengemudi tidak dalam kondisi telanjang kaki, menggunakan sendal jepit, termasuk sepatu hak tinggi bagi wanita.

Baca juga: Alasan Permukaan Atap Mobil Dibuat Bergelombang

jangan mengemudi dengan hak tinggiKompas.com/Fathan Radityasani jangan mengemudi dengan hak tinggi

"Ketika grip antara kaki dan pedal kurang, nanti slip dan bisa menyebabkan situasi yang berbahaya. Contohnya, seharusnya injak pedal rem, malah terlepas karena kaki yang licin," ujar Marcell.

Di samping itu, berkendara menggunakan sepatu bisa mengurangi risiko cedera ketika terjadi kecelakaan. Cedera akan lebih parah pada kaki dan jari-jarinya bila terjadi tabrakan frontal lantaran telapak kaki yang tak terlindungi dengan baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.