Alasan Permukaan Atap Mobil Dibuat Bergelombang

Kompas.com - 15/06/2021, 16:01 WIB
ilustrasi atap mobil yang permukaannya didesain tidak rata ilustrasi atap mobil yang permukaannya didesain tidak rata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkan menyadari bahwa tidak semua mobil memiliki desain atap yang rata? Pada beberapa model mobil akan ditemui atapnya didesain bermotif garis lurus dengan permukaan yang timbul, sehingga atap mobil jadi mulus rata.

Desain atap semacam itu kerap dijumpai pada jenis mobil multi purpose vehicle (SUV), sport utility vehicle (SUV), minivan, hingga pikap.

Bukan tanpa alasan, desain atap mobil yang bergelombang ini memiliki tujuan utama demi keamanan dan kenyamanan. Utamanya adalah untuk memperkuat struktur atap.

Baca juga: Honda Super Cub C125 Diskon, Pesan Sekarang Datang Tahun Depan

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa panel atap jadi area terbesar pada sebuah mobil. Desain atap yang bermotif timbul akan memberikan tambahan kekuatan dan kekakuan untuk area atap.

"Biasanya (permukaan atap) dibuat tidak rata untuk sebagai penguat atap karena permukaannya yang lebar," kata Didi menjelaskan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Desain atap mobil yang tidak rataAkun Facebook Loeqmand Arifoedin Desain atap mobil yang tidak rata

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan menambah kekuatan struktur pada atap, maka atap tidak akan mudah bergetar. Sebab getaran pada atap mobil akan menimbulkan suara yang tentu saja mengurangi kenyamanan penumpang dalam kabin.

Baca juga: Kasus Premanisme Pengemudi Truk di Tanjung Priok gara-gara Macet

Lalu dengan penambahan kekuatan pada atap mobil, maka panel ini tidak akan mudah penyok jika menerima benturan dari benda yang jatuh menimpa.

Meski begitu, Didi menjelaskan bahwa desain permukaan atap yang tidak rata bukanlah satu-satunya faktor yang bisa memperkuat atap mobil. kekuatan atap mobil juga dipengaruhi ketebalan plat dan desain penyangga juga.

Selain itu, permukaan atap mobil yang bergelombang juga bisa ditemukan di beberapa model mobil sedan. Pada mobil produksi Toyota contohnya adalah Vios. Didi menjelaskan desain atap pada Vios tidak hanya sebagai penguat struktur, tapi juga bertujuan untuk aerodinamika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.