Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Valentino Rossi Pensiun di Pertengahan MotoGP 2021

Kompas.com - 10/06/2021, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap veteran Valentino Rossi sedang mengalami salah satu musim tergelap dalam karirnya.

Setelah tujuh balapan, dirinya hanya mampu menempati posisi ke-19 dengan perolehan poin yang sangat sedikit yakni 15 poin.

Lantaran tidak juga mendapat hasil positif selama balapan, pebalap yang mendapat julukan The Doctor itu dikabarkan akan pensiun dari MotoGP pada Juni 2021.

Hal ini sebagaimana yang diberitakan oleh Tuttomotori Web, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Tim VR46 Tutup Pintu untuk Pebalap di Luar Riders Academy

Kabar kurang sedap itu muncul pertama kali di sebuah media Spanyol, El Periodico. Mereka menyebutkan bahwa Valentino Rossi berpeluang tidak menyelesaikan kejuaraan MotoGP 2021.

Valentino Rossi saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)TIZIANA FABI Valentino Rossi saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

Pebalap berusia 42 tahun itu dikatakan akan mengucapkan selamat tinggal dari dunia MotoGP setelah liburan musim panas, tepatnya pada seri kesembilan MotoGP yang digelar Sirkuit Assen pada Minggu (27/6/2021).

Sirkuit Assen dipilih Rossi sebagai arena terakhirnya kemungkinan besar karena sirkuit tersebut merupakan lintasan terakhir di mana pebalap asal Italia tersebut terakhir memenangkan race MotoGP.

Baca juga: Intip Perkembangan Sirkuit Mandalika Jelang WorldSBK Indonesia 2021

Jika akhirnya Valentino Rossi benar-benar memilih untuk pensiun, kemungkinan besar ia akan fokus ke tim balapnya (VR46).

Seperti diketahui, tim VR46 dikabarkan akan mengambil alih tempat tim satelit Esponsorama Racing yang akan meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2021.

Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti pabrikan mana yang nantinya akan menjalin kerja sama dengan VR46.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com