Kompas.com - 12/06/2021, 13:02 WIB
Tips mengemudi dalam kondisi hujan deras. Foto: Astra PeugeotTips mengemudi dalam kondisi hujan deras.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem suspensi pada kendaraan umumnya di desain untuk meredam segala bentuk perubahan yang dialami mobil.

Jika ada komponennya yang rusak, seperti shock absorber lemah atau bocor, bahkan pegas pada sistem suspensi ada yang sudah lemah atau sebagian ada patah (per daun), dapat menyebabkan terjadinya osilasi.

Osilasi sendiri merupakan sebuah kondisi berguncangnya bodi kendaraan ke arah-arah tertentu pada saar berjalan.

Kondisi ini kerap terjadi saat mobil melaju di atas permukaan jalan yang tidak rata dan bergelombang, atau ketika mobil berada pada kondisi akselerasi dan deselerasi.

Baca juga: Cuma Nongkrong, Jangan Harap Honda Pasarkan S660 di Indonesia

Hal ini tentu bisa membuat pengemudi menjadi tidak nyaman saat berkendara, bahkan bisa membahayakan ketika terjadi pada kecepatan tinggi.

Setidaknya ada empat jenis osilasi yang terjadi pada bodi kendaraan, mari simak penjelasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bouncing

“Bouncing merupakan osilasi yang terjadi ketika bodi kendaraan bergerak ke atas dan ke bawah secara bersamaan atau orang awam bilangnya ajrut-ajrutan,” ucap Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Didi melanjutkan, kondisi ini biasanya terjadi saat mobil melewati jalan bergelombang atau polisi tidur. Sehingga membuat bagian belakang mobil terlihat naik turun atau mengayun.

Menurut Didi, bouncing bisa diakibatkan oleh shock absorber yang sudah mulai lemah, sehingga tidak dapat menahan ayunan mobil saat melewati kontur jalan yang tidak rata.

Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.https://putonthebrakes.files.wordpress.com/ Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.