Kompas.com - 03/06/2021, 10:22 WIB
Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya. Ari PurnomoKondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.

JAKARTA, KOMPAS.comTikus merupakan salah satu hewan yang mungkin tinggal bahkan membuat sarang di ruang mesin mobil. Ruang mesin yang gelap dan kadang kotor menjadi tempat favorit tikus untuk tinggal.

Tikus yang tinggal di ruang mesin sebenarnya sangat merugikan pemilik mobil. Tikus kerap menggigit kabel atau komponen yang terbuat dari plastik yang ada di dalam ruang mesin, tentu saja hal ini bisa berujung korsleting atau kerusakan lain.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa cara mencegah tikus tinggal atau bersarang di ruang mesin. Paling mudahnya adalah dengan sering menggunakan mobil, atau paling tidak sering dipanaskan.

Baca juga: Hari Ini dan Besok Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Sistem Buka Tutup

Ruang mesin Toyota HarrierPAULTAN.org Ruang mesin Toyota Harrier

“Kalau kendaraan sering dipakai tentu saja ketika menyalakan mesin, tikus sudah kabur, jadi tidak bersarang,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (2/6/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, buat ruang mesin dalam kondisi yang bersih. Dengan ruang mesin yang bersih, tikus tidak terlalu suka dan tidak bersarang. Oleh karena itu, ketika servis berkala bisa dilakukan engine care atau pembersihan ruang mesin.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan Awal Juni 2021

“Setelah dibersihkan, nanti bisa disemprot dengan cairan anti-rat, cairan yang khusus anti tikus,” kata Suparna.

Ketiga, dengan membuat garasi mendapatkan sinar yang cukup, tidak terlalu gelap serta bersih. Begitu juga tidak perlu menempatkan barang-barang yang tidak terpakai seperti kardus di garasi, karena bisa jadi tempat tikus bersarang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X