Viral Pemuda Bugil Berjoget di Atas Motor, Tak Paham Etika Berkendara

Kompas.com - 01/06/2021, 15:54 WIB
Tangkapan layar pemuda bugil berjoget di motor membahayakan keselamatan sendiri dan juga pengendara lain. selain itu pengendara tersebut juga melanggar etika dalam berkendara. @cangkeme.congorTangkapan layar pemuda bugil berjoget di motor membahayakan keselamatan sendiri dan juga pengendara lain. selain itu pengendara tersebut juga melanggar etika dalam berkendara.
|

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar sebuah video yang viral di media sosial instagram belum lama ini. Video tersebut diungah oleh akun instagram @cangkeme.congor pada Selasa (1/6/2021).

Dalam video tersebut terlihat seorang pengendara sepeda motor yang memboncengkan salah seorang temannya.

Namun teman yang dibonceng di belakang bukannya duduk dengan tenang tetapi malah berdiri di jok motor.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Tidak hanya itu, pemuda yang tidak menggunakan pakaian tersebut juga berjoget di atas jok motor sambil berdiri. Hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak pantas ditiru karena tidak mementingkan etika dan keselamatan berkendara.

Video tersebut kini telah ditindak lanjuti oleh Kepolisian Resor Klaten dan akan melakukan penindakan terhadap pemuda yang ada di dalam video tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Yamaha 125ZR NOS Buka Harga Setara Honda HR-V

Sementara itu Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan dalam berkendara selain harus mempunyai skill dan keterampilan juga wajib punya etika yang baik.

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

"Etika berkendara juga harus digunakan saat kita mengendarai kendaraan di jalan raya umum, ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang tidak beretika atau melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya di antara kurangnya pengetahuan, kondisi gangguan kejiwaan dari pengendara itu sendiri, atau mungkin dalam kondisi mabuk akibat minuman keras sehingga tidak dapat berfikir dengan jernih," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Agus menambahkan, dalam video tersebut orang yang mengendarai sepeda motor baik pembonceng maupun yang diboncengkan bukan cuma tidak beretika, namun juga sudah membuat potensi bahaya untuk dirinya sendiri dan pengendara lainnya.

Baca juga: Ini Keuntungan Penggolongan SIM C buat Pengendara Motor

Sebagai pengendara kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan berkendara kita, artinya kita harus siap dalam kondisi apapun termasuk faktor lingkungan seperti pengguna jalan lain.

Untuk itu, yang paling utama agar kita aman dan selamat dalam berkendara yakni memperhatikan keselamatan diri kita sendiri terlebih dahulu.

"Jika menghadapi atau bertemu dengan pengendara seperti itu, kita sebaiknya menepi sejenak atau mengalah mencari jalan alternatif lainnya," ucap Agus.

Baca juga: Cara Benar Melakukan Rotasi Ban pada Mobil

Hal itu dilakukan untuk keamanan dan keselamatan agar dapat sampai ke tujuan kita. Setelah kembali berkendara, apabila melihat pihak kepolisian yang sedang bertugas kita dapat memberikan informasi mengenai pengendara yang membahayakan tersebut agar dilakukan penindakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.