Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Dianggap Lazim Saat Hujan

Kompas.com - 01/06/2021, 11:02 WIB
Jas hujan ponco Foto: GridOto.comJas hujan ponco

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim di Indonesia hanya ada dua, hujan dan kemarau. Walaupun begitu, masih ada saja pengendara motor yang meremehkan kondisi cuaca, salah satunya ketika hujan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa kebiasaan nyeleneh yang dilakukan pengendara motor saat kondisi hujan.

“Biasanya yang paling sering dilakukan adalah membuka sepatu dan menggunakan jas hujan model ponco sampai menutup lampu depan. Selain itu, ada juga yang berteduh sampai hampir menutup seluruh bagian jalan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Tarif PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY Mulai Juni 2021

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Melepaskan sepatu saat berkendara sering dianggap sepele karena dianggap tetap bisa mengendarai motor dengan baik. Padahal, kaki merupakan bagian penting untuk mengoperasikan rem belakang dan gigi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sewaktu hujan juga biasanya bagian footstep jadi lebih licin. Oleh karena itu kaki harus tetap dilindungi agar tetap aman ketika berkendara,” kata Agus.

Sementara jas hujan ponco yang menutup sampai bagian depan bisa berakibat reflektor lampu menjadi meleleh. Hal ini dikarenakan sinar lampu yang tertahan oleh jas hujan tersebut, hal ini sering ditemui di bengkel.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

“Selain itu, penggunaan jas hujan ponco sangat tidak disarankan. Memang jas hujan ponco sangat simpel, namun bisa berakibat fatal saat berkendara,” ucapnya.

Kemudian soal pengendara motor yang berteduh di tempat sembarangan, ternyata bisa berpotensi kecelakaan. Agus mengatakan, mobil yang melintas di jalan raya tidak semuanya beretika dengan baik, ada saja yang sengaja menabrak atau hilang kendali.

“Sebaiknya cari ruko yang ada parkirannya agar lebih nyaman dan aman untuk berteduh atau untuk sekadar memakai jas hujan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.