Mitos atau Fakta, Ngecas Ponsel di Output Motor Bikin Aki Soak?

Kompas.com - 28/05/2021, 17:12 WIB
Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS Kompas.com/DonnyYamaha All New Aerox 155 Connected ABS

SURABAYA, KOMPAS.com - Dewasa ini semakin banyak sepeda motor yang memasang fitur pengisian daya baterai ponsel melalui output power.

Bahkan perangkat tambahan untuk mengisi daya ini juga dijual di pasaran, sehingga pemilik motor bisa memodifikasi kendaraannya agar dapat melakukan charging di sepeda motor.

Dengan adanya fitur tersebut, pengendara tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai ponsel ketika melakukan perjalanan jika lupa membawa powerbank atau bank daya.

Baca juga: Pengguna Motor Listrik Bakal Punya SIM C Khusus

Meski begitu, masih ada anggapan mengenai fitur pengisi daya baterai ini bisa menyebabkan aki sepeda motor cepat soak. Benarkah demikian?

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan, fitur pengisian daya baterai ponsel di sepeda motor aman digunakan tanpa memberikan dampak buruk pada aki.

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Aman, karena sumber listrik diambil dari aki dan ada sekring pengamannya juga. Jadi tidak perlu khawatir terjadi korsleting," ungkap Dwi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Mengenai kekhawatiran aki yang dapat soak, Dwi menjelaskan bahwa soaknya aki lebih disebabkan karena salah prosedur pada waktu mengecas ponsel. Misalnya mengecas saat mesin motor dalam keadaan tidak menyala.

"Untuk standar penggunaan charging hp di sepeda motor, sangat disarankan untuk menyalakan mesin terlebih dahulu, baru memasang perangkat pengecasan hp," kata Dwi menambahkan.

Pasalnya, jika mesin motor tidak menyala saat sedang mengecas ponsel, aki tidak mendapatkan suplai tenaga dari putaran mesin. Ini yang membuat aki cepat soak. Menyalakan mesin terlebih dahulu akan membuat aki selalu menerima daya dari putaran mesin motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.