Kenapa AC Berpengaruh pada Tarikan Mesin Mobil?

Kompas.com - 28/05/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di negara tropis yang memiliki suhu panas seperti Indonesia, pemakaian Air Conditioner (AC) tentu dibutuhkan, terutama pada saat mengendarai mobil.

Namun ada beberapa kendala yang sering dijumpai salah satunya yakni tarikan mesin menjadi berat ketika AC dihidupkan.

Hal ini dinilai wajar oleh beberapa ahli otomotif, Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ketika AC mobil dinyalakan maka akan sedikit mempengaruhi kinerja mesin.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Bak, Ini Bahayanya Numpang Pikap di Bak Belakang

"Itu benar, karena kompresor AC bekerja dengan putaran mesin melalui belt, sehingga kalau mesin menyala mesin akan terbebani dengan bekerjanya kompresor tersebut," kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kerjanya yakni mesin memutar kompresor AC dari pulley kruk as yang tersambung  dengan van belt yang menyambung ke altenator, water pump, dan kompresor AC. Terlebih lagi jika AC bermasalah maka kinerja mesin akan lebih berat lagi.

Baca juga: Penggolongan SIM C Masih Menunggu Keputusan Korlantas

Pada kompressor AC juga diperlukan pelumasan, untuk itu disarankan untuk mengganti oli kompresor AC yang lebih bagus sehingga kerja mesin akan lebih ringan.

Oli kompressor AC disarankan untuk diganti setiap 20.000 kilometer atau setahun sekali. Oli kompresor biasanya sudah terdapat pada freon, jika freon yang disuntikkan berupa gas maka oli kompresor juga harus berbentuk gas.

Oli kompresor ACStanly/Otomania Oli kompresor AC

Untuk itu, dalam mengganti oli kompresor AC mobil harus benar-benar diperhatikan takaran dan jenis atau spesifikasinya. Ini dilakukan untuk menghindari oli berubah menjadi material keras dan bisa membuat baret kompresor.

Baca juga: Ninja ZX-10R Bekas Juara WSBK Jonathan Rea Dijual untuk Umum

"Karena AC dan mesin mesin merupakan dua hal yang berhubungan, maka perlu juga memperhatikan AC agar mesin juga lebih enak," ucap Didi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X