Honda Tolak Tawaran Alvaro Bautista untuk Gantikan Marc Marquez

Kompas.com - 28/05/2021, 09:42 WIB
Pebalap Honda Gresini asal Spanyol, Alvaro Bautista, memacu motornya di Sirkuit Losail pada sesi latihan bebas ketiga GP Qatar, Jumat (21/3/2014). CRASH.NETPebalap Honda Gresini asal Spanyol, Alvaro Bautista, memacu motornya di Sirkuit Losail pada sesi latihan bebas ketiga GP Qatar, Jumat (21/3/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Marc Marquez cedera, kejuaraan tetap harus berjalan. Untuk tetap mendapatkan poin, biasanya tim akan mencari pebalap cadangan untuk menggantikan sementara.

Honda Racing Corporation (HRC) memiliki test rider MotoGP, yakni Stefan Bradl, yang biasa menggantikan Marquez. Selain itu, ada juga Alvaro Bautista yang kini berada di World Superbike (WorldSBK).

Di WorldSBK, Bautista pertama kali masuk ke tim pabrikan Ducati dan meraih peringkat kedua di klasemen. Pada 2020, pebalap asal Spanyol ini pindah ke Honda.

Baca juga: 2 Jagoan Marc Marquez buat Jadi Juara Dunia MotoGP 2021

Bersama Honda, Bautista diberi tugas untuk mengembangkan CBR1000RR-R. Saat Marquez masih cedera di awal musim, Bautista sempat menawarkan diri untuk menggantikannya.

Pebalap Honda Gresini, Alvaro Bautista.CRASH.NET Pebalap Honda Gresini, Alvaro Bautista.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya menawarkan diri pada HRC untuk melakukan beberapa tes atau untuk beberapa balapan, dan saya akan sangat senang jika diberikan kesempatan," ujar Bautista, dikutip dari Speedweek, Jumat (28/5/2021).

Bautista menambahkan, HRC berterima kasih atas itu, tapi menolaknya, karena Honda ingin dirinya tetap fit dan tidak cedera.

Baca juga: Marc Marquez Ungkap Masalah Honda di Musim Ini

"Proyek Superbike sangat penting untuk Honda, karena mereka sangat ingin menang dan mereka tidak ingin mengambil kesempatan. Pebalap harus mulai dengan fisik sebaik mungkin," kata Bautista.

Bautista pun memahami jika HRC lebih memilih Bradl yang sekarang ini lebih berpengalaman dengan RC213V. Meski demikian, Bautista mengaku tetap terbuka untuk tawaran MotoGP dari Honda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X