Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Pelatih Valentino Rossi Sarankan Marquez jika Mau Menang

Kompas.com - 25/05/2021, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMarc Marquez belum kembali ke performa terbaiknya sehabis sembuh dari cidera. Pada MotoGP Perancis dua pekan lalu misalnya, Marquez tidak berhasil finis dan saat ini menempati urutan 17 pada klasemen sementara.

Luca Cadalora, eks pelatih Valentino Rossi, mengatakan, Marquez tidak bisa tampil seperti dulu lagi. Penilaian ini muncul usai melihat performanya pada MotoGP musim 2021.

"Ada saatnya dalam karier pebalap semua berjalan dengan baik. Tetapi, ada juga yang tidak berjalan dengan baik," ucap Cadalora, dilansir dari laman Paddock-gp.com (24/5/2021).

Baca juga: Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh sampai Kehabisan Bensin?

Ilustrasi Luca Cadalora sewaktu menjadi pelatih Valentino Rossi di Yamahagpone.com Ilustrasi Luca Cadalora sewaktu menjadi pelatih Valentino Rossi di Yamaha

Menurutnya, performa Marquez saat ini belum mencerminkan kondisi fisiknya yang seperti dulu. Pebalap utama Repsol Honda itu disebut masih menjalani proses pemulihan.

"Dia crash dengan konsekuensi yang lebih serius dari biasanya," ujar Cadalora.

Cadalora juga mengatakan, Marquez harus mengubah gaya balapnya pada musim ini agar bisa tampil lebih baik.

Baca juga: Kawasaki Sudah Ajukan Paten yang Diduga Ninja ZX-4R

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi gaya balap yang sudah menjadi ciri khas Marquez sudah dilakukan sejak membalap di level Moto2.

"Gaya balap itu Marc lakukan (sejak) di Moto2, dan tak ada pebalap lain yang melakukannya," kata dia.

Cadalora menambahkan, gaya balap Marquez bisa membuatnya lebih menyatu dengan motor meski berada di sirkuit yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membuat Marquez tampil seperti tanpa lawan sepadan beberapa musim lalu.

Namun, saat ini menjadi waktu yang tepat buat Marquez mengubah gaya balapnya, mengingat sudah tidak lagi efektif pada kondisi dirinya yang sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com