Ada Larangan Mudik, Konsumsi BBM Justru Meningkat 11 Persen

Kompas.com - 28/05/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi BBM berkualitas dari Pertamina dengan Pertamax Series dan Dex Series. Dok. PertaminaIlustrasi BBM berkualitas dari Pertamina dengan Pertamax Series dan Dex Series.

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsumsi BBM mulai mengalami peningkatan signifikan pada masa larangan mudik yang berlaku 6-17 Mei lalu.

Berdasarkan data Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina, konsumsi Pertamax Series meningkat 12 persen dan Dex Series sebesar 10 persen, sehingga rata-rata kedua BBM tersebut naik 11 persen dibandingkan konsumsi normal harian.

Eko Kristiawan, Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing Regional Jawa Bagian Barat, mengatakan, tingginya konsumsi BBM pada masa larangan mudik jadi fenomena menarik.

Baca juga: Segera Meluncur, Harga Daihatsu Rocky 1.2 Lebih Murah dari 1.0 Turbo

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

"Puncak permintaan BBM di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat terjadi pada dua hari jelang Lebaran yaitu pada tanggal 11-12 Mei 2021,” ujar Eko, dalam keterangan tertulis, Kamis (27/5/2021).

“Konsumsi terbesar dari BBM yang digunakan adalah Pertalite dan Pertamax yang mencapai 91 persen dari total realisasi BBM jenis Gasoline," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, beberapa titik di Jawa Barat mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM Berkualitas.

Baca juga: Ada yang Baru, Ini Ragam Pelat Nomor yang Berlaku di Indonesia

Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.Dok. Pertamina Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.

"Di Jalur Pantura konsumsi Pertamax mengalami peningkatan hingga naik 24 persen dibandingkan normal, bahkan di jalur wisata Sukabumi dan Majalengka konsumsi Dexlite dan Pertalite naik diatas normal meskipun di tengah kebijakan larangan mudik," ucap Eko.

Eko juga mengatakan, tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini kenyamanan bepergian untuk perjalanan jauh ke luar kota ataupun berlibur dengan BBM yang lebih berkualitas.

"Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan performa mesin serta ramah lingkungan," kata Eko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X