Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Kompas.com - 25/05/2021, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Komponen yang ada pada kendaraan seperti wiper belakang memiliki fungsi yang penting. Sama seperti wiper depan, penyeka kaca yang ada di belakang berguna untuk menyapu air ketika hujan.

Ketika kaca belakang kotor, tentu pandangan pengemudi akan kondisi jalan di belakangnya jadi tidak terlihat. Namun, ternyata tidak semua kendaraan memiliki wiper untuk membersihkan kaca belakang, salah satunya model sedan.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper untuk kaca belakang biasa ditemui di mobil jenis hatchback, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk dari bodi bagian belakangnya.

Baca juga: Kawasaki Sudah Ajukan Paten yang Diduga Ninja ZX-4R

Desain lampu belakang All-New CX-5 juga meruncing seperti lampu depan. Mazda Desain lampu belakang All-New CX-5 juga meruncing seperti lampu depan.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun pada sedan, memiliki bagian bagasi di belakangnya yang cukup panjang. Kemudian kaca belakang juga relatif landai dan letaknya jauh dari ban belakang, sehingga turbulensi maupun cipratan air dari ban belakang tidak akan sampai ke kaca.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

Memang beberapa model sedan ada yang menggunakan wiper di kaca belakangnya, namun tidak sebanyak SUV atau model lain yang bagian belakangnya rata. Oleh karena itu, wiper di kaca belakang mobil sedan tidak begitu diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com