Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yakin Sudah Paham Cara Pasang Holder Ponsel yang Aman pada Motor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara menggunakan sepeda motor, sangat berbahaya dan melanggar aturan apabila sambil menggunakan ponsel. Untuk itu, banyak yang menggunakan holder ponsel di motor.

Holder ponsel banyak digunakan ketika pengendara motor mencari sebuah lokasi menggunakan aplikasi peta. Sehingga, kedua tangan tetap berada di setang.

Selain itu, tidak perlu repot-repot untuk berkali-kali memasukkan dan mengeluarkannya dari saku atau tas. Holder ponsel ini biasanya banyak digunakan oleh para ojek online.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, penggunaan holder ponsel memang ada kelebihan dan kekurangannya ketika digunakan pada motor.

"Kelebihannya, pengendara jadi lebih mudah jika melihat arah atau rute melalui maps. Sehingga perjalanan jadi lebih efektif," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk kekurangannya, menurut Agus, dapat mengurangi konsentrasi pengendara apabila penempatannya mengganggu penglihatan pengendara.

Dalam kamus safety riding, pengendara sepeda motor dituntut untuk fokus dan konsentrasi dalam menjalankan sepeda motor.

Agus mengatakan, jika ingin menambahkan holder ponsel, usahakan penempatannya tidak mengganggu pandangan pengendara. Lalu, gunakan alat yang memang sesuai untuk penggunaannya dan tentunya memiliki bahan yang kuat. Sehingga ponsel tidak mudah lepas dan terjatuh.

"Jangan menempatkan ponsel pada tatakan tersebut jika memang sedang tidak digunakan. Agar lebih aman dan tidak mengundang kejahatan. Gunakanlah ponsel pada situasi-situasi tertentu saja, agar tidak ketergantungan. Sehingga mata selalu melihat ke ponsel dan dapat mengurangi konsentrasi dan fokus dalam berkendara," kata Agus.

Agus menambahkan, selalu waspada jika ada gerak-gerik yang mencurigakan di sekitar lingkungan berkendara kita. Segera cabut ponsel dan simpan di tas, jaket atau saku agar lebih aman.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/25/130100615/yakin-sudah-paham-cara-pasang-holder-ponsel-yang-aman-pada-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke