Apakah Menyimpan Powerbank atau Ponsel di Bagasi Motor Bisa Meledak

Kompas.com - 12/05/2021, 04:02 WIB
Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan. Donny AprilianandaBagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, beberapa skuter matik (skutik) sudah dilengkapi dengan fitur pengisi tenaga gawai atau soket charger. Sehingga, pengendaranya bisa mengisi daya ponsel menggunakan fitur tersebut sambil berkendara.

Meski begitu, masih ada skutik yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Jadi, saat kapasitas baterai ponsel menurun, banyak yang memilih untuk mengecasnya dengan powerbank.

Bahkan, tidak sedikit pengguna skutik yang memiliki kebiasaan menyimpan ponsel di bagasi, khususnya saat sedang turun hujan. Ternyata, kebiasaan termasuk aktivitas berbahaya.

Baca juga: Harley-Davidson Bikin LiveWire Jadi Anak Perusahaan Motor Listrik

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman mengatakan, powerbank atau ponsel dikhawatirkan terkena panas dari mesin sehingga bisa berpotensi terbakar.

“Secara logika, jika disimpan di bagasi motor yang rawan panas, dikhawatirkan ponsel atau powerbank mengalami panas berlebih dan bisa meledak,” ujar pria yang akrab disapa Herman saat dihubungi Kompas.com.

Soket Charger Honda BeAT 2020Donny Dwi/Kompas.com Soket Charger Honda BeAT 2020

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, hal berbeda diungkapkan oleh Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno. Menurutnya, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti ponsel atau powerbank.

“Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik,” ujar Endro.

Baca juga: Cek Volume Air Aki, Bisa Dilakukan di Rumah

Hal yang dikhawatirkan Endro saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

“Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau melewati polisi tidur. Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X