Hilangkan Kebiasaan Menutup Pintu Mobil Terlalu Keras, Ini Dampaknya

Kompas.com - 24/05/2021, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini seringkali terdapat kebiasaan buruk pemilik kendaraan ketika menutup pintu mobil, yakni terlalu keras.

Hal ini seolah menjadi kebiasaan yang wajar dan sering diabaikan karena banyak pemilik kendaraan yang melakukannya, dengan alasan jika tidak keras, maka tidak akan tertutup dengan sempurna.

Padahal pintu mobil merupakan bagian yang cukup penting, sama seperti bagian-bagian lainnya yang sebaiknya dirawat secara rutin.

Jika pintu mobil rusak, maka Anda tidak dapat membuka maupun menutup pintu. Hal ini tentu bisa sangat merepotkan.

Baca juga: Tidak Disarankan Sering Ganti-ganti Merek Oli Mesin

Lantas, benarkah menutup pintu mobil terlalu keras bisa menimbulkan dampak buruk bagi pintu Anda?

“Betul, tutup pintu terlalu keras bisa merusak engsel pintu mobil dan komponen yang berfungsi mengunci pintu mobil,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Ilustrasi membuka pintu mobil sebelah kanan.PIXABAY.com Ilustrasi membuka pintu mobil sebelah kanan.

Perlu diketahui, saat pemilik kendaraan terbiasa menutup pintu dengan keras, maka lama-kelamaan aakan membuat pintu mobil kebiasaan diperlakukan keras.

Sehingga pada saat pemilik mobil menutupnya dengan pelan atau sesuai dengan normalnya, biasanya pintu tersebut tidak mau mengunci, karena selama ini sudah diperlakukan dengan menutup keras.

Baca juga: Terjadi Lagi, Wheelie Sambil Boncengan Berujung Cium Aspal

Dampak lainnya, karet pintu mobil akan getas karena dampak dari pintu mobil ditekan terlalu keras. Kondisi ini tentu akan berpengaruh terhadap keamanan pintu mobil.

Didi menyarankan, sebaiknya pemilik kendaraan menutup pintu dengan sewajarnya, jangan terlalu keras bahkan sampai membanting pintu.

“Selain itu, engsel dan karet pintu sebaiknya juga dilumasi dengan silicone spray supaya tidak kering,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.