Kompas.com - 20/05/2021, 18:41 WIB
Hasil pengecatan di bengkel PH Supri Aditya Maulana, KompasOtomotifHasil pengecatan di bengkel PH Supri
|

SOLO, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, cat pada bodi mobil bisa rusak, baik karena usia maupun karena senggolan dengan kendaraan lain di jalan.

Bila terjadi senggolan dan ada bagian bodi mobil yang lecet, pemilik mobil biasanya akan melakukan perbaikan.

Perbaikan bisa dilakukan dengan cara mengganti panel yang rusak dengan panel baru, atau memperbaikinya dengan mengecat ulang.

Namun untuk mengganti panel dengan yang baru tentu saja memerlukan biaya yang lebih besar.

Baca juga: Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mobil Matik Jalan Menanjak

Saat ini sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa body repair dan cat mobil. Untuk masalah harga untuk pengecatan bodi mobil, biasanya pemilik bengkel melakukan estimasi berdasarkan kerusakan dan seberapa luas bagian yang perlu dicat ulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada juga bengkel cat yang menghitung biaya perbaikan per panel dimana satu panel dicat ulang dengan warna yang sama.

Misalkan satu panel pintu, panel bemper, panel kap mesin, bagasi, dan fender.

Bengkel body repair BSD Astra menerima semua merek mobil.Foto: Istimewa Bengkel body repair BSD Astra menerima semua merek mobil.

Danu, salah satu pemilik bengkel cat mobil dan body repair di Solo, Jawa Tengah mengatakan, untuk perbaikan bodi mobil yang mengalami kerusakan estimasi biayanya dihitung per panel. Hal ini dimaksudkan agar meninimalisir terjadinya belang cat pada satu panel.

"Kalau untuk biaya perbaikan biasanya kita per panel. Per panel pintu, bemper dan lainnya itu tergantung kerusakannya. Kisaran harga perbaikannya antara Rp 450.000 sampai Rp 550.000," kata Danu kepada Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Memiliki SIM

Danu juga mengatakan jika yang diperbaiki hanya bagian yang lecet atau rusak, kemungkinan akan ada belang warna.

Walaupun cat yang digunakan sama dengan standar bawaan pabrik, tetapi karena usia dan kusam bisa jadi warna bawaan akan berbeda dengan warna baru meskipun catnya sama.

Peroses perbaikan yang dilakukan mekanik PDR.PDR Peroses perbaikan yang dilakukan mekanik PDR.

"Estimasi waktu perbaikan juga tergantung kerusakannya, kalau ringan itu pagi masuk sore bisa jadi. Kalau kerusakannya berat bisa sampai dua hari," kata Danu.

Baca juga: Beredar Rendering Yamaha R15 v4, Makin Mirip Moge Supersport

Sedangkan untuk cat bodi secara keseluruhan atau biasanya disebut dengan cat siram full body, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 juta sampai dengan Rp 9 juta. Harga berdasarkan jenis mobil (besar mobil) dan juga pilihan warna cat yang digunakan.

Untuk perbaikan cat bodi mobil di bengkel miliknya Danu akan memberikan garansi satu setengah tahun untuk pekerjaan bengkelnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X