Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koil Bermasalah, Royal Enfield Umumkan Recall Beberapa Model

Kompas.com - 20/05/2021, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield akan melakukan penarikan atau recall kepada 190 unit sepeda motor model Classic, Bullet dan Meteor 350, di wilayah Asia Pasifik.

Royal Enfield akan menarik Meteor yang diproduksi antara Desember 2020 dan April 2021. Serta Bullet dan Classic yang diproduksi antara Januari dan April 2021.

Baca juga: Pergerakan ke Jabodetabek Naik, Kemenhub Gencarkan Tes Acak Covid-19

Tindakan proaktif ini akan berlaku di beberapa negara, yaitu di India, Thailand, Indonesia, Filipina, Australia, dan Malaysia.

Para lady biker pengendara Royal EnfieldDok. Royal Enfield Para lady biker pengendara Royal Enfield

Royal Enfield mengatakan menemukan masalah pada ignition coil yang dapat menyebabkan misfiring, penurunan performa dan dalam kasus yang jarang terjadi, korsleting listrik.

"Isu tersebut ditemukan ketika perusahaan melakukan pengujian internal rutin. Sumber masalah telah diidentifikasi dengan jelas dan hanya berkisar pada kumpulan material tertentu yang bersumber dari pemasok eksternal kami pada periode Desember 2020 dan April 2021," tulis RE dalam keterangan resmi, Kamis (20/5/2021).

Meskipun masalah ini tidak berdampak pada semua motor yang diproduksi selama periode tersebut di atas, tapi Royal Enfield memutuskan mengambil langkah proaktif.

Baca juga: Dokter Sebut Marc Marquez Baru Benar-benar Fit di GP Jerman

Diler Royal Enfield Pondok IndahFoto: Istimewa Diler Royal Enfield Pondok Indah

Distributor Royal Enfield Asia Pasifik dan atau dealer lokal akan menghubungi pemilik motor yang teridentifikasi dalam periode produksi tersebut.

Pihak Royal Enfield Indonesia juga berharap pemilik motor dapat aktif menghubungi outlet Royal Enfield terdekat.

"Kami berkomitmen untuk segera menuntaskan tindakan penarikan kembali, dan pelanggan akan dihubungi secara proaktif melalui dealer setempat masing-masing," kata Royal Enfield.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.