Kompas.com - 14/05/2021, 17:45 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Ada beberapa alasan yang menurut mereka akan lebih untung jika membeli mobil dalam keadaan seken.

Salah satu yang kerap menjadi alasan kenapa memilih pasar mobil bekas yakni keterbatasan dana yang dimiliki konsumen. Selain itu, masih ada lagi beberapa keuntungan membeli mobil bekas.

Baca juga: Ban Masih Bagus Walaupun Sudah 5 Tahun, Tapi Amankah Dipakai?

"Kalau beli mobil bekas itu tetap masih ada keuntungannya, tinggal dilihat dari faktor mana," kata Joni Gunawan selaku pebisnis Mobil Bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Keuntungan pertama ketika membeli mobil bekas yakni mobil akan langsung siap dipakai setelah transaksi dilakukan.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika membeli mobil baru tentu saja harus mengurus data untuk surat-surat kendaraan. Bahkan ada yang harus inden terlebih dahulu untuk mendapatkan mobil yang diinginkan.

Selanjutnya, pembeli mobil bekas akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil baru.

Dengan kondisi yang sudah pernah dipakai orang lain, tentu saja akan ada penurunan harga jual. Bahkan ada mobil yang harga jualnya turun banyak dari harga barunya. Hal ini tentu saja akan lebih menguntungkan bagi konsumen mobil bekas.

Baca juga: Ramai Lagi Bus Single Glass, Apa sih Kelebihannya?

Kemudian, jika kita membeli mobil bekas dan berniat untuk menjualnya lagi, selisih harganya tidak terlalu jauh.

Berbeda dengan membeli mobil baru dan menjualnya kembali. Bahkan ada yang bisa mendapatkan untung pada saat menjual kembali mobil bekas.

Terakhir, bagi konsumen yang mudah bosan dan suka berganti-ganti mobil, pasar mobil bekas menjadi pilihan tepat. Karena di pasar mobil bekas konsumen memilili banyak pilihan tipe mobil, model, dan tahun pembuatannya.

Ilustrasi mobil bekas di Suzuki Auto Value.DOK. SUZUKI Ilustrasi mobil bekas di Suzuki Auto Value.

"Kalau berganti-ganti mobil tapi mobil baru kan memerlukan biaya yang banyak, berbeda kalau mobil bekas. Harganya akan lebih murah dan selisih jualnya juga tidak terlalu banyak dari harga beli," ucap Joni.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Ideal Panaskan Mesin Mobil?

Jika tertarik untuk membeli mobil bekas tentu ada hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas.

Karena dalam membeli mobil bekas, konsumen harus teliti untuk memilih unit. Namun kini sudah ada diler mobil bekas yang menyediakan inspeksi atau pemeriksaan untuk mobil bekas.

"Yang harus diperhatikan sebagai konsumen saat membeli mobil bekas. Seperti mobil bukan bekas tabrakan, tidak bekas kena banjir," kata Joni.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X