Kompas.com - 14/05/2021, 11:15 WIB
Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 Dok. JOTASean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan komponen penting dalam ajang balap, baik balap mobil atau sepeda motor.

Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi tabrakan sehingga tidak mengalami cedera fatal.

Meski secara fungsi dan tujuannya sama, ada spesifikasi khusus yang membedakan antara helm mobil dan motor yang dipakai untuk balap.

Baca juga: Ban Masih Bagus Walaupun Sudah 5 Tahun, Tapi Amankah Dipakai?

Helm Replika Marc MarquezKOMPAS.com/Ruly Helm Replika Marc Marquez

"Kalau secara fisik perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi untuk helm jenis full face, visor helm yang peruntukan balap motor lebih lebar daripada helm balap mobil," kata Ahmad M, anggota komunitas Belajar Helm, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Alasannya kata Ahmad, hal ini disebabkan karena keperluan proteksi antara helm mobil dan motor tidak sama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Visor helm mobil tidak selebar helm motor karena pandangan pebalap mobil lurus ke depan. Adapun pebalap motor banyak menunduk untuk agar tidak terkena angin.

Valentino Rossi saat sesi tes pra-musim di QatarGareth Harford Valentino Rossi saat sesi tes pra-musim di Qatar

Kemudian desain helm mobil lebih polos tanpa banyak ornamen. Beda dengan helm motor yang saat ini berevolusi dengan banyak detail khusus.

Alasannya helm motor juga memikirkan sisi aerodinamis. Bahkan tak sedikit produsen helm yang bikin sudutnya sedikit lancip di beberapa bagian.

Baca juga: Isuzu Turut Bagi Kebahagiaan kepada Para Sopir di Hari Lebaran

Perbedaan lain, di balap mobil masih dibolehkan helm jenis open face sedangkan di balap motor sudah pasti full face. Helm jenis open face di balap mobil biasanya ditemui di ajang reli.

Helm balap mobilFoto: Heraldlive.co.za Helm balap mobil

"Khusus untuk balap F1 dan Nascar biasanya di bagian helmnya terdapat clip on. Fungsinya yaitu menempel ke bagian neck protector jadi helm tidak gerak. Karena memang tuntutannya begitu," katanya.

Untuk struktur batok, tidak ada perbedaan mencolok antara helm mobil atau motor.

Hanya saja pada helm mobil, batoknya biasanya dibuat tahan panas sampai ratusan derajat untuk menjaga pengemudi jika kendaraan terbakar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X