Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Helm Balap Mobil dan Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan komponen penting dalam ajang balap, baik balap mobil atau sepeda motor.

Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi tabrakan sehingga tidak mengalami cedera fatal.

Meski secara fungsi dan tujuannya sama, ada spesifikasi khusus yang membedakan antara helm mobil dan motor yang dipakai untuk balap.

"Kalau secara fisik perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi untuk helm jenis full face, visor helm yang peruntukan balap motor lebih lebar daripada helm balap mobil," kata Ahmad M, anggota komunitas Belajar Helm, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Alasannya kata Ahmad, hal ini disebabkan karena keperluan proteksi antara helm mobil dan motor tidak sama.

Visor helm mobil tidak selebar helm motor karena pandangan pebalap mobil lurus ke depan. Adapun pebalap motor banyak menunduk untuk agar tidak terkena angin.

Kemudian desain helm mobil lebih polos tanpa banyak ornamen. Beda dengan helm motor yang saat ini berevolusi dengan banyak detail khusus.

Alasannya helm motor juga memikirkan sisi aerodinamis. Bahkan tak sedikit produsen helm yang bikin sudutnya sedikit lancip di beberapa bagian.

Perbedaan lain, di balap mobil masih dibolehkan helm jenis open face sedangkan di balap motor sudah pasti full face. Helm jenis open face di balap mobil biasanya ditemui di ajang reli.

"Khusus untuk balap F1 dan Nascar biasanya di bagian helmnya terdapat clip on. Fungsinya yaitu menempel ke bagian neck protector jadi helm tidak gerak. Karena memang tuntutannya begitu," katanya.

Untuk struktur batok, tidak ada perbedaan mencolok antara helm mobil atau motor.

Hanya saja pada helm mobil, batoknya biasanya dibuat tahan panas sampai ratusan derajat untuk menjaga pengemudi jika kendaraan terbakar.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/111500615/ini-bedanya-helm-balap-mobil-dan-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke