Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikung ke Kanan Lebih Sulit Dibandingkan ke Kiri, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 11/05/2021, 09:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikung adalah salah satu teknik dalam mengendarai sepeda motor. Dalam menikung banyak orang yang beranggapan bahwa menikung ke kanan lebih sulit jika dibandingkan dengan menikung ke kiri.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, hal tersebut memang banyak dirasakan oleh pengendara sepeda motor terutama bagi para pemula. Menikung ke kanan atau ke kiri sebenarnya sama saja ketika posisi mengemudi kita benar.

Baca juga: Jangan Panik Saat Mengalami Rem Blong, Begini Cara Antisipasinya

"Pertama, posisi gas kan adanya di sebelah kanan, nah ketika kita berbelok ke kiri otomatis tangan kanan akan lebih mudah dan leluasa untuk mengoperasikan gas," kata Agus kepada Kompas.com, Senin 910/5/2021).

Fino Owners Indonesia (FOI) latihan menikung di Sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat, awal Februari 2015.Fino Owners Indonesia (FOI) Fino Owners Indonesia (FOI) latihan menikung di Sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat, awal Februari 2015.

Pada saat kita belok ke kiri, posisi gas dan rem ada di sebelah kanan. Maka tangan kanan akan lebih leluasa untuk mengoperasikannya. Jadi banyak yang merasa lebih nyaman dengan hal tersebut.

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Sedangkan pada saat berbelok ke kanan, tangan bagian kanan akan lebih pendek atau menekuk ke dalam. Hal ini membuat pengendara lebih susah dalam mengoperasikan gas dan rem. Sebagian orang akan kagok melakukan hal ini karena belum terbiasa.

Pada motor manual, posisi pedal rem belakang juga berada di sisi kanan. Pada saat kondisi motor miring waktu berbelok ke kanan, ada rasa was-was bagi pengendara motor jika pedal rem menyangkut ke aspal.

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.Istimewa Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.

"Nah ini yang membuat keraguan pada saat di jalan raya, padahal kalau sudah terbiasa mau belok ke kanan atau ke kiri sama saja. Cuman kebanyakan orang memiliki mindset kalau lebih enak pada saat belok ke kiri," ucap Agus.

Baca juga: Rendering Suzuki GSX-S150 Baru, Mirip GSX-S1000

Sebenarnya untuk mudah dan nyaman dalam berbelok kiri atau kanan itu bisa dilatih. Agus mengatakan, hal tersebut bisa dilatih dengan sering berkendara dan latihan zig-zag atau latihan belok membentuk angka delapan. Dengan begitu akan tidak msalah untuk belok kanan atau kiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com