Motor Listrik Yamaha E01 Makin Dekat ke Tahap Produksi

Kompas.com - 07/05/2021, 15:51 WIB
Motor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019 Dok. Rideapart.comMotor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha sudah memamerkan motor listrik konsep buatannya di ajang Tokyo Motor Show 2019, yakni E01. Pada 2021 ini, kabarnya konsep tersebut semakin dekat dengan tahap produksi.

Tentunya, kabar ini jadi pergerakan yang besar dari perusahaan yang bermarkas di Iwata, Jepang, mengingat pabrikan tersebut masih didominasi dengan motor bermesin konvensional.

Baca juga: Yamaha Teruskan Pengembangan Motor Listrik E01

Dikutip dari Bikesrepublic.com, Jumat (7/5/2021), Yamaha memamerkan E01 pada 2019, tapi dengan adanya pandemi membuat rencana pengembangan motor listrik ini jadi tertunda.

Desain paten motor listrik Yamaha E01Dok. Bikesrepublic.com Desain paten motor listrik Yamaha E01

Menurut Yamaha, E01 dimaksudkan untuk menggantikan skuter matik (skutik) di kelas 125 cc. Artinya, motor listrik ini diprediksi akan memiliki tenaga setara dengan 15 tk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kabar terakhir menyebutkan bahwa versi produksinya nanti akan memiliki tenaga yang lebih besar. Sehingga, membuat motor listrik tersebut lebih cocok untuk penggunaan harian.

Baca juga: Yamaha E01 Siap Jegal Honda PCX Electric

Menariknya, berdasarkan paten merek dagang yang diajukan, Yamaha ingin tetap mempertahankan kode E01 yang digunakan untuk versi produksinya.

Desain paten motor listrik Yamaha E01Dok. Bikesrepublic.com Desain paten motor listrik Yamaha E01

Versi produksi E01 juga akan mempertahankan sebagian besar elemen yang ditemukan pada versi konsep. Tapi, dengan beberapa penyesuaian agar lebih sesuai dengan realita, seperti yang ditunjukkan pada paten terbaru.

Lampu depannya terinspirasi dari YZF-R1 dengan dua unit LED yang dipasang di bagian bawahnya. Sedangkan bagian atas yang terlihat seperti lampu utama, di baliknya terdapat soket untuk pengisi daya.

Desain paten motor listrik Yamaha E01Dok. Bikesrepublic.com Desain paten motor listrik Yamaha E01

Dengan bagian tengah sebagian besar akan diisi dengan baterai lithium-ion yang besar, bisa diperkirakan ruang bagasinya tidak akan sebesar Nmax.

Motor listrik Yamaha E01 ini diperkirakan akan diperkenalkan pada 2022.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.