Isuzu Dukung Bisnis Penyewaan Mobil Logistik

Kompas.com - 06/05/2021, 10:15 WIB
PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) yang mendukung PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) dengan peluang bisnis penyewaan mobil, terutama di sektor transportasi logistik yang semakin cerah seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) - PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu)PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) yang mendukung PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) dengan peluang bisnis penyewaan mobil, terutama di sektor transportasi logistik yang semakin cerah seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, tidak mengurungkan niat produsen otomotif untuk terus menyajikan yang terbaik dan terus berinovasi untuk para konsumennya.

Salah satunya adalah PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) yang mendukung PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) dengan peluang bisnis penyewaan mobil. Terutama di sektor transportasi logistik yang semakin cerah seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jasa pengiriman barang pada tahun 2020 tumbuh sebesar 30 persen sebagaimana disampaikan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Mahendra Rianto. Ia memprediksi tahun 2021 jasa kurir akan tumbuh di kisaran 30 persen.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Jenis Minyak Rem pada Kendaraan

Sekitar 300 unit armada ASSA berasal dari Isuzu, didominasi oleh truk dan unit komersial seperti Isuzu Elf, MU-X, Panther, pick up turbo, dan Isuzu Traga.

Isuzu juga mendukung operasional ASSA karena memiliki jaringan bengkel yang luas dan juga layanan kunjungan servis, termasuk layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB).

Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) Yohanes Pratama mengatakan, pihaknya berusaha memberikan total solution kepada para customer Astra Isuzu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya agar konsumen nyaman dan bisnis mereka terus bertumbuh. Jadi, Astra Isuzu tak hanya menjual kendaraan komersial saja, tetapi memberikan solusi yang komprehensif bagi perkembangan bisnis customer.

“Langkah ini harus dilakukan, karena sekitar 90 persen kendaraan yang ditangani Astra Isuzu adalah kendaraan komersial yang identik dengan barang modal. Karena itu, mobil tersebut harus selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat. Mengingat, sebagian besar kendaraan komersial ini beroperasi 24 jam sehari,” ujar Yohanes dalam keterangan resminya, Kamis (5/5/2021).

Pelepasan Ekspor Isuzu Traga oleh Management PT Isuzu Astra Motor Indonesia di Isuzu Karawang Plant dalam mendukung Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global (4/12).Group Astra Pelepasan Ekspor Isuzu Traga oleh Management PT Isuzu Astra Motor Indonesia di Isuzu Karawang Plant dalam mendukung Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global (4/12).

Peran Astra Isuzu adalah membantu customer meningkatkan waktu operasional kendaraan komersial dan meminimalisasi sebanyak mungkin waktu tak beroperasi, baik karena mobilnya rusak atau diservis.

“Untuk itu, kami selalu mendepankan efisiensi customer dengan melakukan jemput bola mendatangi customer guna melakukan perawatan kendaraan mereka di sela-sela waktu longgar, seperti saat menaikan atau menurunkan muatan. Dengan demikian, waktu operasional mobil tidak terganggu, tetapi tetap terawat dan siap digunakan,” kata Yohanes.

Baca juga: Hasil Survei 18 Juta Orang Nekat Mudik, Jawa Tengah Tujuan Favorit

Dalam hal ini, Astra Isuzu memanfaatkan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang beroperasi selama 24 jam non stop. Lewat BIB, Astra Isuzu memberikan servis rutin dan memperbaiki kerusakan ringan, dengan mendatangi mobil customer, kapan pun dan di mana pun.

Saat ini Astra Isuzu memiliki 72 unit BIB mobil dan 5 unit BIB motor. Sedangkan, bengkel resmi Astra Isuzu sebanyak 51 outlet di seluruh Indonesia dengan 358 mekanik tersertifikasi Isuzu Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Maret 2021, penjualan retail Isuzu year to date Maret 2021 tercatat sebanyak 5.825 unit atau menguasai 3,3% pangsa pasar. Angka tersebut lebih tinggi dibanding year to date Maret 2020 yakni 5.255 atau 2,4% pangsa pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.