Cerita Daihatsu Rocky Nikmati PPnBM dan Alasan Baru Meluncur

Kompas.com - 30/04/2021, 16:21 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Daihatsu Rocky di Tanah Air sudah cukup lama dinanti. Mulai sejak diluncurkan perdana di Jepang, sampai masuk dalam skema relaksasi diskon PPnBM.

Namun itu pun juga tidak langsung, pasalnya meski nama Rocky bersama saudaranya, Raize, sudah terdaftar, tapi baru hari ini (30/4/2021) keduanya mengaspal.

Lebih tepatnya lagi, sebulan sebelum peralihan skema PPnBM dari 100 persen naik menjadi 50 persen pada Juni 2021 mendatang.

Lalu bagaimana sebenarnya latar belakang Rocky bisa terdaftar dan menikmati relaksasi PPnBM dari pemerintah ? Kenapa pula baru meluncur akhir April, di mana harga yang tertera saat ini akan segera naik di Juni mendatang.

Baca juga: Mesin Turbo dan CVT, Ini Spesifikasi Resmi Daihatsu Rocky di Indonesia

Menjawab hal tersebut, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dalam membuat sebuah produk, dibutuhkan persiapan yang panjang dan matang, tak semudah membalikan telapak tangan.

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

persiapan Rocky mengikuti program PPnBM sebelumnya sudah dari Februari ketika mulai mematangkan peluncurannya.

"Dalam membuat sebuah mobil, kami melakukan beberapa proses. Mulai dari melakukan survei untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, dan tim R&D melakukan desain, baik untuk styling atau enginering-nya. Lalu dari desain itu, dibuat prototipe," ucap Amel dalam sesi peluncuran Rocky secara virtual, Jumat (30/1/2021).

Lebih lanjut Amel mengatakan, setelah purwarupanya selesai, tim produksi langsung melakukan pengujian atau testing internal. Hal ini memang sudah menjadi sebuah SOP wajib yang dilakukan.

Baca juga: Daftar Harga Daihatsu Rocky, Mulai Rp 200 Jutaan

Usai pengujian dilakukan, baru Daihatsu mempersiapan proses produksinya, yang kemudian diteruskan dengan produksi massal SUV compact-nya tersebut.

Daihatsu Rocky ADS dan ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS dan ASA

"Semua proses ini sudah kami lakukan sejak lama, di pertengahan Februari saat kami melakuakn persiapan produksi, pemerintah mengumumkan akan ada relaksasi PPnBM mulai Maret," ucap Amel.

"Karena itu berbarengan dengan proses produksi untuk Rocky, maka kami memutuskan untuk megecek apakah Rocky mengikuti PPnBM atau tidak, ternyata bisa karena kandungan lokal atau local purchase sudah di atas 60 persen dan kami melakukanya mulai hari untuk SPK penjualannya," kata dia.

Sekadar informasi, untuk tahap awal Daihatsu menyediakan Rocky dalam lima varian yang semuanya dibekali mesin turbo 1.000 cc tiga silinder, lengkap dengan pilihan transmisi manual dan CVT terbarunya.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Hanya Sementara, Bakal Naik di Juni 2021

Daihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGAKOMPAS.com/SETYO ADI Daihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGA

Berikut harga Daihatsu Rocky OTR DKI Jakarta :

Rocky 1.0 R TC MT Rp 216.000
Rocky 1.0 R TC MT ADS Rp 224.000.000
Rocky 1.0 R TC CVT Rp 229.200.000
Rocky 1.0 R TC CVT ADS Rp 237.200.000
Rocky 1.0 R TC CVT ASA Rp 237.900.000

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X