Suzuki A 100 Bermesin V-twin, Tampang Imut Mesin Sangar

Kompas.com - 02/05/2021, 07:41 WIB
Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinder Dok. KustomfestSuzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinder

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun motor custom adalah sebuah karya seni. Layaknya karya seni pada umumnya, terdapat filosofi di dalamnya. Begitu pula dengan motor custom garapan Psychoengine ini, terdapat filosofi yang diambil dari kumbang.

Kumbang memiliki keunikan pada siklus hidupnya. Metamorfosis yang dialaminya juga lengkap.

Baca juga: Motor Custom HD Rocker C Bergaya Bobber Mejeng di IIMS Hybrid 2021

Kumbang memulai hidupnya dari sebuah telur, menjadi larva, lalu menjadi pupa, dan akhirnya berkembang menjadi kumbang dewasa.

Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinderDok. Kustomfest Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinder

Sebelum mencapai kesempurnaannya, kumbang dewasa harus melewati berbagai fase atau siklus kehidupan terlebih dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

M. Yusuf Adib, builder Psychoengine, mengatakan, sama halnya dengan pembuatan motor custom ini. Siklus yang dialaminya juga seperti kumbang, mulai dari telur (pembuatan sketsa motor), berubah menjadi larva (pembuatan motor), dan kemudian menjadi kumbang dewasa (hasil akhir).

Baca juga: Indonesian Custom Show Dukung IIMS Hybrid 2021, Pajang Deretan Mobil dan Motor Custom

Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinderDok. Kustomfest Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinder

"Penggunaan mesin 2-silinder pada motor mungil ini juga memiliki filosofi dari kumbang. Selama ini, kumbang diketahui mampu mengangkat beban 850 kali dari berat tubuhnya," ujar Yusuf, dalam keterangan resminya.

Hal yang sama ingin ditunjukkan oleh Psychoengine dengan membenamkan mesin 2-silider 2- tak pada motor berdimensi mini ini.

Baca juga: Pilihan Bahan Motor Custom di Bawah Rp 6 Jutaan

"Meski bodinya kecil, tapi mampu mengangkat beban atau tenaga yang besar," kata Yusuf.

Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinderDok. Kustomfest Suzuki A 100 garapan Psychoengine dengan mesin 2-silinder

Mesinnya mengandalkan Suzuki A 100, sementara untuk bodinya jelas terlihat mengadopsi punya Honda Monkey. Dua mesin A 100 dimodifikasi sendiri oleh Yusuf dan dikawinkan menjadi mesin 2-silinder.

Sebelumnya, Psychoengine juga sudah menghasilkan beberapa motor custom dengan konstruksi mesin yang luar biasa, seperti Honda Tiger 5-silinder, Harley-Davidson Sportster W engine, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.