Jelang MotoGP Spanyol, Marquez Belum 100 Persen Prima

Kompas.com - 29/04/2021, 10:42 WIB
Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) PATRICIA DE MELO MOREIRAMarc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya kembali balapan setelah sembilan bulan absen dari MotoGP. Hebatnya, pebalap asal Spanyol ini langsung finis di urutan ketujuh pada MotoGP Portugal.

Padahal, Marquez hanya berkesempatan latihan dengan motor tiga kali sejak cedera. Kondisinya juga belum seratus persen prima.

Marquez mengaku tidak bisa menurunkan sikutnya saat menikung. Artinya, dia tidak mampu tampil maksimal seperti biasanya sebelum dia cedera.

Baca juga: Larangan Keras Marc Marquez Sebelum MotoGP Spanyol 2021

Para dokternya juga memerintahkan Marquez untuk tidak mengendarai motor dan hanya melakukan latihan fisik ringan hingga tulangnya benar-benar menyatu.

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga kini, Marquez belum tahu kapan dirinya akan benar-benar bisa tampil sempurna dengan kondisi yang prima.

"Sejujurnya, saya tidak tahu, karena tergantung dari sirkuitnya, apakah benar-benar menuntut fisik atau tidak," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Kamis (29/4/2021).

Marquez mengaku, pada tujuh lap terakhir saat balapan di Sirkuit Portimao, dia tidak bisa menurunkan sikutnya saat menikung.

Baca juga: Kembalinya Marquez Jadi Hal Paling Positif bagi Honda Tahun ini

"Saya membalap dengan gaya yang aneh dan saya tidak bisa melakukan apa-apa," kata Marquez.

Dokter juga melarang Marquez untuk melakukan latihan yang terlalu berat. Latihan di pusat kebugaran dibatasi. Begitu pula latihan dengan menggunakan motor.

"Sekarang, saya hanya akan mengendarai motor pada saat balapan. Lalu, setelah pemeriksaan berikutnya, kita akan lihat bagaimana perkembangan tulangnya," ujar Marquez.

Marc Marquez di Sirkuit PortimaoTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Sirkuit Portimao

Sekarang ini, Marquez ada di peringkat ke-14 pada klasemen sementara. Namun, ini masih awal musim, dia juga baru tertinggal 52 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen.

Bukan hal yang mustahil untuk mengejar ketertinggalan. Pada 2017 lalu, Marquez berhasil mengejar selisih 37 poin setelah enam seri dan meraih gelar juara dunia MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.