Punya Uang Rp 180 Juta, Lebih Baik Beli Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Kompas.com - 28/04/2021, 14:12 WIB
Toyota Alphard Bekas Taksi Stanly-Kompas.comToyota Alphard Bekas Taksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil segmen multi purpose vehicle (MPV), saat ini memang menjadi pilihan utama bagi para keluarga yang menginginkan kabin yang lapang serta mampu menampung muatan yang banyak.

Namun, bagaimana jika hanya memiliki dana Rp 180 jutaan?

Dengan kisaran harga tersebut, salah satu pilihan yang bisa masuk daftar pilihan dalam membeli mobil baru adalah Toyota Avanza.

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 187 juta hingga Rp 200 jutaan, mobil MPV ini menawarkan konfigurasi tujuh dudukan. Tetapi jangan harap Anda bisa mendapatkan desain yang mewah serta ragam fitur yang berlimpah di dalamnya.

Baca juga: Duet Baru Raize dan Rocky Resmi Diperkenalkan

Jika Anda belum sreg dengan Toyota Avanza, pilihan lainnya bisa jatuh kepada mobil bekas. Dengan dana minim tersebut bisa mendapatkan sebuah MPV premium yaitu Toyota Alphard.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini Alphard tahun produksi 2005 dan 2007 sudah memiliki kisaran harga Rp 180 jutaan. Lantas, mana yang sebaiknya dipilih?

Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021

“Kalau untuk yang cari tahun muda pasti pilih Toyota Avanza, tapi kalau yang mencari gengsi pilih Toyota Alphard,” ujar Andi dari diler mobil bekas Jordy Motor MGK Kemayoran, Rabu (28/4/2021).

Namun perlu dipahami, free maintanance untuk mobil Alphard tahun 2005 hingga 2007 cukup berat. Kalau tidak mendapat kondisi mobil yang bagus dan kilometernya sedikit akan menghabiskan dana lebih banyak untuk servis keseluruhan.

“Kalau mau pilih Alphard bekas sebaiknya tahun 2010 ke atas, tapi harganya masih Rp 250 jutaan. Kalau yang Rp 180 jutaan masih dapat Alphard model lama,” kata Andi.

Baca juga: Polisi Siapkan Tes Swab Antigen Gratis di Rest Area KM 19 Tol Japek

Menurut Andi, calon pembeli sebaiknya tidak memaksakan untuk membeli mobil bekas dengan tahun yang sudah cukup lama hanya karena fitur mewah yang ditawarkan.

"Sebab kalau rusak, pasti memakan dana yang lebih banyak untuk perbaikan," ucapnya.

Tetapi kembali lagi ke pilihan masing-masing, dengan dana Rp 180 juta calon pembeli bisa mendapatkan mobil Toyota Avanza dengan status mobil baru, dengan garansi dan biaya servis yang gratis selama periode tertentu.

Namun jika menginginkan kemewahan dan fitur canggih Alphard seken bisa menjadi pilihan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X