Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Kepemilikan Kalau Mau Punya Vespa GTS Super Tech 300

Kompas.com - 29/04/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comVespa GTS Super Tech 300 memiliki harga on the road yang cukup tinggi, yakni Rp 153,5 juta. Skuter matik premium seperti ini bisa dibilang menyasar pada kalangan tertentu saja.

Biasanya seseorang yang senang dengan brand Vespa, tidak masalah merogoh kantong lebih dalam untuk memeliharanya. Selain harus menyiapkan banyak uang untuk membelinya, tentu juga harus siapkan biaya kepemilikan, termasuk perawatan dan operasional.

Kali ini Kompas.com akan membahas berapa uang yang dikeluarkan untuk merawat Vespa GTS Super Tech dalam satu tahun. Beberapa hitungan yang ditulis meliputi pajak tahunan, biaya servis dan tentunya bahan bakar.

Baca juga: Bocoran Mesin 1.200 cc Toyota Raize, Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Vespa GTS Super Tech 300KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Vespa GTS Super Tech 300

Pertama, untuk pajak kendaraan. Vespa GTS Super Tech 300 yang kami pinjam merupakan atas nama PT dan pelat Jakarta. Pajak tahunan berdasarkan STNK, yakni Rp 2,455 juta, memang cukup tinggi mengingat kubikasi mesinnya yang di atas 250 cc, jadi termasuk golongan barang mewah, hingga harus bayar Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Kemudian untuk biaya servis, dari diler sebenarnya menyarankan setiap lima bulan sekali atau 5.000 kilometer. Biaya servisnya ada di rentang Rp 500.000 sampai Rp 600.000, tergantung pekerjaan apa saja yang dilakukan.

Jadi jika satu tahun, bisa dibilang Vespa melakukan dua kali servis rutin yang mengeluarkan biaya Rp 1 juta sampai Rp 1,2 juta.

Baca juga: Larangan Keras Marc Marquez Sebelum MotoGP Spanyol 2021

Terakhir untuk konsumsi bahan bakar, berdasarkan hasil pengetesan Kompas.com, Vespa GTS Super Tech 300 menghasilkan konsumsi bahan bakar 29,49 kilometer per liter dengan menggunakan Pertamax.

Misalnya dalam satu tahun Vespa GTS digunakan sampai 12.000 kilometer, maka akan menghabiskan 406,9 liter Pertamax. Lalu jika dikalikan dengan harga Pertamax di Jakarta, totalnya menjadi Rp 3,662 juta.

Kemudian jika dijumlahkan semuanya, dalam satu tahun, Vespa GTS Super Tech 300 menghabiskan Rp 7,117 juta. Jika dibagi 12, biaya yang dikeluarkan untuk merawat Vespa GTS Super Tech 300 ini Rp 593.083 setiap bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com