Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Fun to Drive Geber Honda City Hatchback RS

Kompas.com - 28/04/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Honda City Hatchback RS di pasar otomotif Tanah Air, tak hanya sekadar menggantikan Jazz, namun menjadi sajian menu baru bagi para pecinta sedan tanpa buntut.

Apalagi modal City Hatchback RS juga cukup kuat, karena baik dari sisi eksterior dan interiornya, sama-sama menawarkan nuansa sporty seperti yang sebelumnya sudah dibahas.

Lalu bagaimana soal performanya, karena seperti diketahui, baik Jazz dan City Hatchback RS dibekali dengan kubikasi mesin yang sama, yakni 1.500 cc.

Namun bila ditanya mana yang lebih baik, sebelumnya Satoru Azumi, Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co., Ltd., Monozukuri Center, Automobile Businees Division, sudah menjelaskan bila pengembangan mesin Jazz dan Citu Hatchback berbeda.

Baca juga: Menakar Kentalnya Aura Sporty City Hatchback RS

Azumi mengatakan, pemilihan mesin 1.500 cc pada City Hatchback telah melalui studi yang mendalam. Tak hanya itu, secara sistem pengoperasiannya juga berbeda.

Honda Civic Hatchback RS CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS CVT

"Mesin 1.500 City Hatchback berbeda dengan Jazz, dan ini benar-benar pengembangan baru. Jazz masih menggunakan sistem Single Over Head Camshaft (SOHC), sementara City Hatchback sudah Double Over Head Camshaft (DOHC)," kata Azumi saat peluncuran di awal Maret 2021 lalu.

Tak hanya itu, Azumi juga menegaskan bila mesin DOHC berkubikasi 1.500 cc pada City Hatchback jauh lebih baik dari sisi torsi, tenaga, dan juga efisensi bahan bakar dibandingkan 1.500 SOHC yang digunakan Jazz.

Kondisi tersebut lantaran secara kapasitas murni, ternyata mesin City Hatchback RS lebih besar 1 cc dibandingkan Jazz. Bila melihat di atas kertas, perbandingannya 1.498 cc dan 1.497 cc.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Menariknya, meski terlihat tipis, tapi efeknya memberikan tenaga yang lebih optimal bagi City Hatchback, yakni 119,3 tk pada 6.600 rpm, selisih 1 tk dengan Jazz.

Baca juga: Sah, Daihatsu Juga Luncurkan Rocky Pekan Depan

 

Bahkan dengan modal tersebut, putaran tenaga hatchback pendatang baru ini bisa lebih cepat dirasakan dari putaran bawah, yakni 4.300 rpm, sementara Jazz di 4.600 rpm.

Keunggulan lain dari mesin DOHC atau dual camshaft yang digunakan untuk mengoperasikan empat katup pada dapur pacu City Hatchback, juga berimbas pada komposisi udara dan BBM yang bisa disuplai lebih banyak. Artinya lebih baik dari SOHC.

Tes

Untuk membuktikan hal tersebut redaksi melakukan pengujian langsung mengendarainya mulai dari dalam dan luar kota. Sejauh penggunaan memang terasa tak berbeda, akselerasi dari putaran bawah hampir-hampir mirip dengan Jazz yang bisa dibilang cukup responsif.

Hal ini membuat City Hatchback RS juga cukup asik menghadapi kondisi lalu lintas yang stop n go. Apalagi sistem kemudi tak hanya nyaman untuk dikendarai, tapi responsif dan presisim sehingga memberikan sisi fun to drive yang sangat baik.

Honda City Hatchback RS CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS CVT

Masuk ke jalan bebas hambatan menuju arah Cikampek, kami sedikit mencoba berkendara lebih agresif. Begitu mendapatkan momen jalan yang lapang, tuas langsung kami geser ke posisi S dan mematikan tombol Econ Mode.

Baca juga: Plus Minus di Balik Nuansa Agresif Interior City Hatchback RS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com