Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Cat Oven pada Bodi Mobil

Kompas.com - 27/04/2021, 15:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah cat oven biasanya ditemukan di bengkel perbaikan bodi mobil. Cat oven disebut lebih unggul karena menggunakan teknik yang lebih baik.

Yuly Kridiawan, Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, mengatakan, cat oven merupakan teknik pengecatan jadi bukan sebuah nama atau merek cat tertentu.

"Cat oven adalah sebutan teknik pengecatan mobil yang menggunakan fasilitas ruangan tertutup khusus layaknya sebuah oven," kata Yuly kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Makin Parah, Produksi Motor KTM Terhambat

Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000.Hyundai Mobil Indonesia. Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000.

Dalam proses pengecatan, cat oven menggunakan ruangan oven, biasa disebut dengan paint booth. Agar menghasilkan proses pengecatan yang lebih bersih.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot, mengatakan, kualitas pengerjaan body and paint dipengaruhi oleh sumber daya manusia, material dan peralatab.

Oven termasuk dalam peralatan tersebut. Dalam konteks layanan body and paint, katanya, keberadaan oven menjadi sangat penting untuk hasil yang berkualitas.

"Pengerjaan menggunakan oven bertujuan untuk sterilisasi dan kebersihan. Pada proses pengecatan bodi mobil di dalam ruang oven akan terbebas dari berbagai debu dan kotoran," kata Roni dalam rilis resmi, Selasa (27/4/2021).

Cat oven di bengkel PeugeotFoto: Peugeot Cat oven di bengkel Peugeot

Hal ini berbeda dengan pengecatan yang dilakukan di ruang terbuka, di mana debu kerap menempel pada permukaan bodi yang akan sehingga hasil pengecatan kurang baik.

"Ditambah dengan pemanas di ruang oven juga membuat hasil cat lebih kering dengan sempurna," kata Roni.

Baca juga: Harga Mobil Murah Bekas Jelang Lebaran, Mulai Rp 60 Jutaan

Fungsi oven selain untuk sterilisasi kotoran, yakni untuk “mematangkan” atau mengeringkan lapisan cat yang diaplikasikan.

"Operator oven memastikan kondisi vakum dan temperature hingga 45 derajat Celcius di dalam oven. Pengerjaannya dilakukan telaten sehingga gradasi saat pengecatan dapat teraplikasikan sempurna," kata Roni.

Oven mobilBlog Tips Otomotif Mobil Motor Oven mobil

Supri, pemilik bengkel ketok magic Pak Haji Supri di Kalibata, Jakarta Timur, mengatakan pelanggan harus pintar memilih bengkel yang menggunakan oven mobil.

“Sekarang ada saja yang mengakali, oven mobil bukan yang asli, hanya ruangan yang diberi penerangan dari lampu yang tidak bisa diatur suhunya. Jadi hati-hati untuk memilih bengkel cat oven yang baik,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com