PO Bintang Utara Putra Kembali Rilis Bus Economy Luxury

Kompas.com - 27/04/2021, 14:00 WIB
Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putra instagram/karoseritentremBus AKAP baru PO Bintang Utara Putra

JAKARTA, KOMPAS.comPO Bintang Utara Putra (BUP) asal Sumatera Utara sempat menghebohkan para penggemar bus. Pada 2018 lalu, PO BUP menambah armada baru dengan sasis tronton namun untuk kelas ekonomi non AC yang dinamakan Economy Luxury.

Harga sasis tronton sendiri bisa dibilang sangat mahal, untuk sasisnya saja bisa di atas Rp 1,7 miliar.

Jika ditambah bodi yang dibuat karoseri, bisa mencapai Rp 2 miliar lebih. Saat itu sasis Mercedes Benz OH 2542 ini dipasangakan ke bodi Avante SHD buatan karoseri Tentrem.

Kali ini, PO BUP kembali merilis satu bus dengan konsep yang sama, yakni Economy Luxury. PO BUP tetap menggunakan sasis Mercedes Benz OH 2542 dan dipasang ke bodi buatan karoseri Tentrem, yaitu Avante H9.

Baca juga: PO Sahaalah Rilis 2 Bus Suites Class Buatan Karoseri Laksana

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bintang Utara Putra (@bintangutaraputra)

 

Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, bus terbaru PO BUP ini tetap tidak menggunakan AC.

Kemudian dipasang juga jendela geser di setiap kaca sampingnya agar udara bisa masuk ke kabin.

“Fasilitasnya ada toilet dan smoking area di belakang kabin. Kemudian total bangkunya ada 50 dan dua ada di smoking area,” kata Dimas kepada Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Untuk kursinya sendiri, memakai buatan Hai Rimba Kencana dengan konfigurasi 2-2. Kemudian untuk fasilitas di kursinya hanya ada arm rest tanpa leg rest, mengingat kelasnya yang ekonomi.

Baca juga: Insiden Ojol Angkut Paket Sepeda Senggol Mobil

bus akap sumaterakaskus bus akap sumatera

Hadirnya kelas Economy Luxury ini juga karena pasarnya masih ada di daerah Sumatera. Selain itu, bus yang berjalan di malam hari juga dirasa cukup nyaman walaupun tidak memakai AC di kabinnya.

Bus baru ini menjadi armada kedua PO BUP yang menggunakan kelas Economy Luxury. Untuk bus yang lama, memiliki trayek Medan – Dumai dengan jumlah bangku 48 serta fasilitas toilet dan smoking area.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X