Menhub Akselerasi Kendaraan Listrik Jadi Kebutuhan Massal

Kompas.com - 19/04/2021, 09:42 WIB
Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massal KEMENHUBMenhub dorong kendaraan listrik menjadi massal

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bakal mengupayakan kendaraan ramah lingkungan menjadi kebutuhan massal.

"Kita ingin kendaraan listrik ini bisa menjadi kebutuhan massal," ucap Budi, dalam keterangan resminya, saat mengunjungi pameran kendaraan listrik yang dihelat Ditjen Perhubungan Darat di Stasiun KA Bekasi Timur, Minggu (18/4/2021).

"Presiden melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, telah mengamanatkan bahwa kita harus mengarah ke penggunaan kendaraan listrik," kata dia.

Baca juga: Tahun Emas, Toyota Bicara Transformasi Industri Elektrifikasi

Menurut Budi, sejauh ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah membuat sejumlah regulasi tentang kendaraan listrik melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhun). Hal tersebut dilakukan sebagai implementasi dari Perpres No.55.

Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massalKEMENHUB Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massal

Beberapa ragulasi yang sudah ada antara lain, pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik, kednaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik, konversi sepeda motor konvensional menjadi listrik berbasis baterai, dan lainnya yang tengah disusun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga akan membuat Peta Jalan. Dimana pada tahun 2030 ditargetkan kendaraan listrik sudah siginfikan digunakan oleh masyarakat banyak,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, sejumlah upaya lain juga telah dilakukan dalam hal mempercepat ekosistem kendaraan listrik.

Salah satunya mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota. Mulai dari Bali, Surabaya, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Baca juga: Bertemu Fin Komodo Bledhex di IIMS 2021, Bertenaga Listrik

Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massalDFSK Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massal

Program BTS dilakukan dengan membeli layanan dengan subsidi 100 persen dari operator dengan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan.

 

Untuk tahap awal, penggunaan transportasi ramah lingkungan ini akan dimanfaatkan untuk angkutan transportasi seperti Transjakarta maupun Damri dan sebagainya sebagai angkutan perkotaan.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Menteri BUMN dan Dirut PLN untuk membangun lebih banyak lagi titik-titik stasiun pengisian kendaraan listrik berbasis baterai," kata Budi.

Baca juga: Toyota Bawa Konsep EV Smart Mobility di IIMS Hybrid 2021

Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massalKEMENHUB Menhub dorong kendaraan listrik menjadi massal

Dari sisi internal, Budi dan jajaran Eselon I di lingkungan Kemenhub sudah menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas. Diharapkan kementerian dan lembaga lain juga bisa menerapkan hal yang serupa.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X