Ajang Balapan Virtual Ramadhan Balap Indonesia 2021 Kembali Digelar

Kompas.com - 18/04/2021, 20:21 WIB
Ajang Ramadhan Balap Indonesia 2021 yang diadakan Tim Balap di Rumah DOK. BALAP DI RUMAHAjang Ramadhan Balap Indonesia 2021 yang diadakan Tim Balap di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses dengan diikuti lebih dari 73 peserta di edisi 2020 lalu, tim Balap di Rumah kembali menyelenggarakan Ramadhan Balap Indonesia (RBI) 2021 untuk memeriahkan bulan Ramadhan para pencinta balap simulasi (sim racing) di Indonesia.

Menurut rencana, RBI akan berjalan selama bulan Ramadhan yaitu dari pertengahan April hingga pertengahan Mei.

Mengusung kesuksesan tahun lalu, platform permainan yang digunakan masih sama yaitu Assetto Corsa di platform PC.

Semenjak dibukanya pendaftaran pada tanggal 13 April 2021, total sudah tercatat lebih dari 200 peserta baik pro driver ataupun sim racer bergabung dalam event ini.

Nama-nama terkenal seperti pereli Rizal Sungkar, pebalap FIA Silver Grade Rama Danindro, Driver Go-Kart Daffa Ardiansa, pebalap nasional Satrio Hermanto, Zahir Ali dan juga Ryan Haryanto sudah terdaftar sebagai peserta dalam perlombaan tahun ini.

Baca juga: Punya Uang Rp 50 Juta, Bisa Dapat Sedan Apa di Surabaya?

Ajang Ramadhan Balap Indonesia 2021 yang diadakan Tim Balap di RumahDOK. BALAP DI RUMAH Ajang Ramadhan Balap Indonesia 2021 yang diadakan Tim Balap di Rumah

Tidak hanya itu, tim dari berbagai negara di Asia Tenggara turut hadir meramaikan. Dillan Tan, pebalap Go-Kart profesional asal Singapura dan Thanatip Thanalapanan, virtual drifter asal Thailand juga ikut serta membuat kompetisi kali ini semakin panas.

Adapun jadwal RBI 2021 adalah sebagai berikut. Pre-kualifikasi akan diadakan pada 13 sampai 15 April di sirkuit Brands Hatch Indy untuk menentukan 60 pebalap yang akan masuk ke babak utama.

Kemudian, 60 pebalap ini akan dibagi menjadi 3 grup, yakni grup A, B, dan C sesuai dengan peringkat mereka.

Para pebalap juga kemudian akan membuat tim mereka masing-masing untuk memperebutkan hadiah kejuaraan tim dengan komposisi tim harus terdiri dari pebalap di kelas A, B, dan C.

Baca juga: Ramaikan IIMS Hybrid 2021, Jeep Tawarkan Diskon Ratusan Juta Rupiah

Selain itu, untuk menjawab animo dari pecinta balap sim racing di Indonesia, RBI juga membuka “rookie class” yang bisa diikuti secara umum oleh para pebalap yang tidak lolos di Top 60. Akan ada 20 pebalap yang akan masuk di “rookie class” dan kualifikasi untuk kelas ini akan dibuka setiap minggunya di hari Rabu.

Pada gelaran RBI kali ini, Ronde 1 akan diadakan pada 18 April di sirkuit Brands Hatch GP, dilanjut oleh Ronde 2 pada 25 April di sirkuit Laguna Seca, Ronde 3 pada 1 Mei di sirkuit Vallelunga GP, dan ditutup oleh Ronde 4 pada 8 Mei di sirkuit Nürburgring Sprint.

Bagi para pencinta balap yang kali ini belum bisa bergabung sebagai peserta tidak perlu berkecil hati, karena seluruh keseruan ajang RBI 2021 akan disiarkan live lewat akun YouTube Balap di Rumah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X