Sudah Berapa Bus yang Disematkan Sistem AC Terbaru dari Adiputro?

Kompas.com - 16/04/2021, 18:41 WIB
Tangkapan layar modifikasi kabin bus Adiputro KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANITangkapan layar modifikasi kabin bus Adiputro

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Adiputro asal Malang, Jawa Timur turut berinovasi untuk membuat kabin bus lebih aman dan nyaman bagi penumpang. Ada beberapa modifikasi yang dilakukan pada bus-bus baru yang keluar dari karoseri.

Pertama, untuk bus dengan model AC di atap (roof mounted) akan dipasangi air purifier dengan HEPA filter di bagian inlet AC.

Sedangkan untuk bus dengan model AC di belakang (rear mounted), ada modifikasi sirkulasi udara di dalam kabinnya.

Selain modifikasi pada AC, karoseri Adiputro juga akan meningkatkan standar busnya dengan memasangkan contactless hand sanitizer dispenser serta sekat pengemudi yang terbuat dari mika.

Baca juga: Resmi Dibuka, Honda Boyong 11 Motor di IIMS Hybrid 2021

Bus AKAP PO MJPMinstagram/adiputro_official Bus AKAP PO MJPM

Lalu dengan adanya inovasi ini, sudah ada berapa unit bus yang menggunakannya?

Direktur PT Adiputro Wirasejati David Jethrokusumo mengatakan, untuk model AC roof mounted, sudah ada beberapa unit bus yang menerapkannya.

“Saya tanya testimoni dari mereka dan cukup puas dengan hasilnya. Cuman memang semua ini belum ada uji klinis dari suatu badan dari departemen kesehatan maupun Kementerian Perhubungan,” kata David dalam webinar Busworld, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Kawasaki Ajak Pengunjung IIMS 2021 Test Ride Ninja ZX-25R

Bus AKAP baru PO SANPO SAN Bus AKAP baru PO SAN

Karena sampai saat ini, belum ditetapkan standar baru mengikuti kondisi Pandemi Covid-19. Jadi inovasi dari Adiputro ini merupakan kiat-kiat untuk mengatasi pandemi.

“Untuk yang rear mounted, kita baru mencoba satu unit, sehingga baru prototipe dan belum ada yang pakai di jalan,” ucap David.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X