Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adiputro Siapkan Varian Bus untuk Melawan Pandemi di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2021, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat berbagai perusahaan melakukan inovasi, salah satunya karoseri. Pada masa pandemi, karoseri harus berinovasi untuk menciptakan bus yang aman dan tetap nyaman.

Karoseri Adiputro asal Malang menjadi salah satu karoseri yang berinovasi di masa pandemi. Ada berbagai varian terbaru yang dibuat untuk menambah rasa aman penumpang saat di kabin bus maupun untuk melakukan tes laboratorium.

Direktur PT Adiputro Wirasejati David Jethrokusumo mengatakan, ada varian terbaru dari bus buatan Adiputro yang mengutamakan physical distancing antar penumpangnya yang dinamakan Dream Coach.

Baca juga: Viral, Video Motor Tabrak Pejalan Kaki Saat Menyeberang di Zebra Cross

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

“Kita mengambil konsep capsule hotel bus. Jadi masing-masing penumpang ada di dalam kapsul individu dan di dalamnya dilengkapi dengan media entertainment, air purifier dengan HEPA filter dan gorden,” ucap David dalam webinar Busworld, Kamis (15/4/2021).

Selain membuat bodi bus, Adiputro juga mendapatkan permintaan untuk membuat mobil PCR unit. Mengambil basis dari sasis Isuzu ELF 4 roda untuk menggapai daerah-daerah pelosok yang tidak bisa dilewati bus.

Baca juga: Dibuka untuk Umum, Berapa Harga Tiket IIMS Hybrid 2021?

“Jadi kita pakai mobil PCR ini untuk ke daerah pelosok. Ada pengambilan spesimen dan langsung diproses karena ada lab di dalam mobil ini,” kata David.

Selain dua varian tersebut, Adiputro juga membuat standar baru bus dengan melengkapi dispenser hand sanitizer otomatis, pemasangan sekat di kursi pengemudi dan UV lights di bagian tengah kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com