Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Palisade

Kompas.com - 06/04/2021, 10:42 WIB
Test Drive Hyundai Palisade KOMPAS.com/DIO DANANJAYATest Drive Hyundai Palisade

JAKARTA, KOMPAS.com – Di atas kertas, Palisade mengusung mesin diesel 2.199 cc yang menghasilkan tenaga 197 tk pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 441 Nm pada 2.000 rpm.

Secara kapasitas, mesin Palisade mungkin tidak sebesar Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport yang mencapai 2.400 cc. Namun, respons tenaga yang dihasilkan benar-benar di luar ekspektasi.

Ternyata dengan kapasitas yang tidak terlampau besar, tenaga yang dihasilkan terasa lebih dari cukup untuk menghela bobot Palisade.

Baca juga: Kesal KIR Diambil Dishub, Sopir Truk Blokade Jalan

Test Drive Hyundai PalisadeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Palisade

Salah satunya berkat transmisi otomatis 8-percepatan, yang menyalurkan tenaga begitu baik hampir di semua rentang putaran mesin.

Kondisi ini juga membuat mesin terasa begitu ringan berjalan di beragam kondisi jalan. Mesin diesel tersebut seperti tanpa usaha untuk membuat Palisade melaju kapan saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi ini juga berpengaruh baik pada catatan konsumsi bahan bakarnya. Setelah melalui rute kombinasi sepanjang 508 km, konsumsi BBM SUV bongsor ini meraih angka 14,2 km per liter. Catatan ini berdasarkan informasi pada panel meter di dasbor mobil.

Baca juga: Cara Lebih Aman Berkendara Melintasi Jalan Beton

Test Drive Hyundai PalisadeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Palisade

Sebagai informasi, bahan bakar yang kami gunakan saat mengetes Palisade adalah Pertamina Dex dan hasil tersebut kami dapat dengan melihat MID pada layar instrumen.

Konsumsi bahan bakar Palisade bisa dibilang cukup hemat untuk SUV besar. Bahkan setara dengan Low MPV dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc.

Namun memang kehematan BBM Palisade harus dibayar dengan harga solar berkualitas tinggi yang terbilang cukup mahal per liternya selain distribusinya yang belum tersedia pada semua SPBBU di seluruh Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X