Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Palisade

Kompas.com - 06/04/2021, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di atas kertas, Palisade mengusung mesin diesel 2.199 cc yang menghasilkan tenaga 197 tk pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 441 Nm pada 2.000 rpm.

Secara kapasitas, mesin Palisade mungkin tidak sebesar Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport yang mencapai 2.400 cc. Namun, respons tenaga yang dihasilkan benar-benar di luar ekspektasi.

Ternyata dengan kapasitas yang tidak terlampau besar, tenaga yang dihasilkan terasa lebih dari cukup untuk menghela bobot Palisade.

Baca juga: Kesal KIR Diambil Dishub, Sopir Truk Blokade Jalan

Test Drive Hyundai PalisadeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Palisade

Salah satunya berkat transmisi otomatis 8-percepatan, yang menyalurkan tenaga begitu baik hampir di semua rentang putaran mesin.

Kondisi ini juga membuat mesin terasa begitu ringan berjalan di beragam kondisi jalan. Mesin diesel tersebut seperti tanpa usaha untuk membuat Palisade melaju kapan saja.

Kondisi ini juga berpengaruh baik pada catatan konsumsi bahan bakarnya. Setelah melalui rute kombinasi sepanjang 508 km, konsumsi BBM SUV bongsor ini meraih angka 14,2 km per liter. Catatan ini berdasarkan informasi pada panel meter di dasbor mobil.

Baca juga: Cara Lebih Aman Berkendara Melintasi Jalan Beton

Test Drive Hyundai PalisadeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Palisade

Sebagai informasi, bahan bakar yang kami gunakan saat mengetes Palisade adalah Pertamina Dex dan hasil tersebut kami dapat dengan melihat MID pada layar instrumen.

Konsumsi bahan bakar Palisade bisa dibilang cukup hemat untuk SUV besar. Bahkan setara dengan Low MPV dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc.

Namun memang kehematan BBM Palisade harus dibayar dengan harga solar berkualitas tinggi yang terbilang cukup mahal per liternya selain distribusinya yang belum tersedia pada semua SPBBU di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com